Bunda PAUD Aceh: Utamakan Prokes di Lingkungan PAUD

 

Blangkejeren, Jaringanberitaaceh.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Dyah Erti Idawati, mengingatkan, kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) harus diutamakan di lingkungan sekolah usia dini. Hal tersebut penting, agar Covid-19 tidak menginfeksi anak-anak PAUD dan murid taman kanak-kanak.

Hal tersebut disampaikan Dyah saat mengunjungi TK Negeri Pembina Blangkejeren bersama Bunda PAUD Gayo Lues, Hartati Djahar, dalam rangka mensosialisasikan PAUD Holistik Integratif (HI), Rabu, (8/9/2021).

“Pastikan anak-anak kita memakai masker dengan baik, kita harus tetap waspada. Covid-19 belum berakhir,” ujar Dyah.

Lebih lanjut, Dyah meminta bagi guru di sekolah tersebut, untuk segera menjalani vaksinasi. Menurutnya, tenaga kependidikan harus menjadi contoh teladan di tengah masyarakat. Dengan demikian herd immunity dapat segera terbentuk di Aceh.

Sementara itu, terkait implementasi PAUD HI, Dyah mengatakan konsep PAUD HI merupakan program terbaru, bertujuan memberikan pelayanan menyeluruh pada anak-anak usia dini.

Tak hanya terkait pendidikan anak, namun mencakup perhatian terhadap kesehatan dan perlindungan terhadap anak.

“Tujuan program ini adalah terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh, sehingga terwujudnya anak usia dini yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia,” kata Dyah.

Dyah menyebutkan, PAUD HI adalah pemberian penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh), yang mencakup lima konsep layanan, yaitu, gizi, kesehatan, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan.

Dyah berharap, TK Negeri Pembina Blangkejeren dapat menjadi lokomotif penerapan PAUD HI di negeri seribu bukit tersebut. Dengan begitu, nantinya TK dan PAUD lainnya dapat mengikutinya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Negeri Pembina Blangkejeren menyambut baik kedatangan Bunda PAUD Aceh di sekolahnya. Ia berharap kedatangan Dyah dapat menjadi motivasi dalam menerapkan PAUD HI di sekolahnya secara maksimal.

“Kami mengucapkan terima kasih, ini kegembiraan yang luar biasa, dikunjungi oleh Bunda Paud provinsi,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dyah juga menyapa langsung anak-anak usia dini di sekolah tersebut, di ruang kelasnya. Tampak perbincangan akrab antara Bunda Paud Aceh dengan anak-anak.

Anak-anak TK tersebut begitu antusias menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan Dyah. Seperti cita-cita mereka, nama sayuran, dan nama-nama hewan. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT