Aceh Peringkat 8 Nasional Jumlah Siswa yang Lulus SBMPTN 2021




BANDA ACEH – Pendidikan Aceh kembali bersinar. Berdasarkan pengumuman terbaru dari Lembaga Tes Masuk Per guruan Tinggi (LTMPT), Provinsi Aceh berada pada posisi delapan terbanyak nasional meluluskan siswa-siswinya pada Se leksi Bersama Masuk Per guruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Jumlah siswa-siswi Aceh yang mendaftar pada SBMPTN tahun ini mencapai 16.767 peserta.

Dari jumlah tersebut, 6.888 peserta atau 41 persennya dinyatakan lulus. Informasi tersebut disampaikan Ketua Tim Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Dr Mohammad Nasih dalam konferensi pers melalui zoom meeting dan kanal Youtube resmi LTMPT, Senin (14/6/2021) sore.

Muhammad Nasih mengumumkan ada se pu luh provinsi dengan jum lah peserta terbanyak di terima pada SBMPTN 2021. Provinsi Jawa Timur menempati posisi pertama dengan jumlah 25.232 pe serta, posisi kedua Jawa Barat 18.899 peserta, dan Ja wa Tengah di posisi ke tiga dengan peserta tes 16.104 orang.




Selanjutnya, Sumatera Utara 14.331 peserta, DKI Jakarta 9.526 peserta, Sulawesi Selatan 9.372 peserta, Sumatera Barat 8.028 peserta, Aceh 6.888 peserta, Lampung 5.374 pe serta, dan Sumatera Selatan 5.113 peserta.

Menanggapi masuknya Aceh dalam sepuluh besar nasional yang lolos SBMPTN, Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT secara khusus memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pencapaian dan keberhasilan tersebut.

Apresiasi itu ditujukan Nova Iriansyah kepada seluruh jajaran Disdik Aceh dan khususnya kepada warga sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, komite sekolah, dan orang tua murid.

“Luar biasa kerja keras warga sekolah untuk mendorong para siswanya agar lulus di perguruan ting gi negeri. Selamat atas kesuksesan ini,” ujar Gubernur Aceh.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Drs Alhudri MM mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama perguruan tinggi, untuk dapat bersinergi gu na meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Aceh ke depan

“Hasil yang kita peroleh ini tidak terlepas dari kerja keras para warga sekolah, meskipun dalam masa pendemi Covid-19, tetapi prestasi anak didik kita untuk lulus ke perguruan tinggi negeri sudah sangat baik,” ujarnya.

Kadisdik berpesan pres tasi ini dapat terus di tingkatkan agar prestasi lainnya juga dapat ter wujud ke depannya.

“Mari bersama-sa ma bersinergi untuk membangun pendidikan mulai jenjang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Ini satu rangkaian besar yang saling berkaitan,” ujarnya.

Selain melalui jalur SBMPTN, pemerintah juga membuka seleksi melalui jalur undangan atau lebih dikenal dengan istilah Se leksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Melalui jalur ini, Aceh juga masuk dalam sepuluh besar provinsi yang diterima di perguruan tinggi. Dari 15.290 peserta yang mendaftar, sebanyak 5.626 peserta diterima atau sebesar 36,80 persen.

Berdasarkan informasi tersebut, jumlah lulusan SMA dan SMK dari Aceh yang telah diterima di perguruan tinggi negeri tahun ini adalah 12.514 orang. Dengan rincian, 5.626 (37%) peserta dite rima masuk melalui SNM PTN dan 6.888 (41%) melalui jalur SBMPTN.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana Eksekutif LTMPT, Mohammad Nasih da lam konferensi pers me nyebutkan total daya tampung yang disediakan tahun ini pada SBMPTN sebanyak 197.657 peserta. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus 184.942 peserta.

Untuk persentase peserta secara nasional yang diterima berdasarkan jurusan, yaitu Bidang Sains dan Teknologi (Sain tek), Aceh menduduki peringkat ke-7 dengan jumlah peserta yang men daftar 16.767 dan yang lulus 3.442 orang atau 20,53 persen. Sedangkan untuk Bi dang Sosial dan Humaniora (Soshum), Aceh menduduki peringkat ke-9 dengan jumlah peserta 16.767 yang lulus 3.446 orang atau 20,55 persen.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT