Sosialisasi KMB, Kakankemenag Pidie Sampaikan Pesan Moderasi

Sigli, JBA – Sosalisasi Kampung Moderasi Beragama Tahap III di Gampong Pasar Kota Bakti dilaksanakan Kamis, 5 Oktober 2023 dihadiri Ka. Kankemenag Pidie, Camat dan Muspika Kec. Sakti, Penyuluh Agama Islam dan unsur tokoh agama dan tokoh masyarakat kec. Sakti. Kegiatan ini berlansung di Meunasah Gampong Pasar Kota Bakti.

Kasi Bimas Islam, Isafuddin, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Pidie memiliki 2 Kampung Moderasi Beragama sebagai pilot project kerukunan bergama madyarakat yang inklusif, yaitu Gampong Blang Paseh Kota Sigli dan Gampong Pasar Kota Bakti Kec. Sakti.

Sebagaimana diketahui Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung.

Camat Sakti, Nur Masyitah menyambut baik dan bersyukur dengan dipilih gampong pasar kota bakti sebagai kampong moderasi, “Saya turut bangga atas pilihan kemenag menjadikan gampong di wilayah administrasi saya (camat) sebagai gampong percontohan penanaman nilai moderat yang berjalan di sini” ucap Camat Perempuan tersebut di akhir sambutannya.

Abdullah, Kepala Kemenag Pidie dala arahannya menyampaikan bahwa moderasi beragama bukanlah aliran baru, tetapi cara pandang beragama yang diajarkan dalam Islam dan diharapkan membentuk kesalehan beragama yang benar sesuai tuntunan bergama, tidak menjadikan pemeluk agama yang berat sebelah ke kiri (komunis) atau ke kanan (liberal), pedoman utama lakum dinukum waliyadin.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT