Penceramah GPS: Kembalilah ke Sejarah sebagai Identitas Islam

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Tgk Dr Nurkhalis Mukhtar MA mengatakan muslim itu harus kembali pada identitas Islam, yaitu membaca kembali sejarah Islam. Sejarah Islam panjang sekali, sejak zaman rasul, sahabat, hingga perkembangan Islam era modern.

Menurutnya, dalam perjalanan sejarah Islam, ada persaudaraan atas dasar iman, negara, dan kemanusian. Rasulullah telah mengajarkan hidup harmonis dalam sistem masyarakat majmuk dan berbagai ajaran secara universal.

“Ada yang lapar, tak perlu tanya agamanya, tapi beri ia makan. Ada yang butuh bantuan, tak perlu tanya apa agamanya, tapi beri ia bantuan,” jelas Tgk Nurkhalis Mukhtar saat mengisi ceramah yang digelar Gerakan Pemuda Subuh (GPS), di Masjid Babuttaqwa Utama Polda Aceh, Banda Aceh, Sabtu, 11 Februari 2023.

Ia berharap muslim menjadikan sejarah sebagai cerminan untuk melangkah ke depan. Bukan untuk menemukan kesalahan. Sejarah mengajari muslim untuk menemukan jalan baru meraih kebaikan.

GPS menghadirkan Penyuluh Agama Aceh Besar, Tgk Zulhijmi MH sebagai imam dan Kapolresta Banda Aceh Kombes Irwan Fahmi Ramli sebagai pemateri diskusi dengan tema “Penyelesaian Konflik Sosial di Tengah Masyarakat”, yang digelar di SMEA Premium Kupi Lingke, Banda Aceh.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT