MUQ Pagar Air Aceh Wisudakan 94 Santri Angkatan ke-28

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air-Aceh mewisudakan 94 santri angkatan 28, di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Minggu, 12 Juni 2022.

Rais ‘Am Dayah MUQ Pagar Air-Aceh, Drs H Sualip Khamsin menyampaikan di antara wisudawan, ada 20 santri yang khatam Al-Quran 30 Juz. Tahun ini MUQ melahirkan 70 santri yang khatam Al-Quran 30 Juz melalui program takhasus tahfidz.

“Sekarang mereka sedang dipersiapkan untuk kegiatan tasmi’ dan syahadah 30 Juz yang dilaksanakan pada Oktober 2022,” jelasnya.

Ia berpesan agar santri terus menjaga hafalan, simpan dalam hati, jangan simpan dalam kepala, karena jika disimpan dalam hati, di mana pun berada akan memancarkan energi positif, maka mata akan baik, tangan akan baik, prilaku kita baik, emosi terkendali, karena hati dihuni oleh Al-Quran, bukan syaithan.

“Kalau hafalan belum bisa disimpan dalam hati, minimal simpan lah rasa cinta terhadap Al-Quran,” tuturnya.

Salah seorang wali santri yang juga ketua komite Dayah MUQ Pagar Air, Dr Nasrullah terharu atas prestasi yang dicapai santri.

Kepala Kantor Wilyah Kementrian Agama Aceh, Dr Iqbal SAg MAg mengatakan wisuda bukan proses akhir dari seluruh proses belajar, melainkan ini merupakan loncatan awal.

Iqbal menambahkan bahwa tanggungjawab pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama oleh karena itu peran santri, wali santri dan guru secara kolektif adalah merupakan tanggungjawab yang menentukan nasib anak-anak kita, termasuk anak-anak kita yang berada di MUQ Pagar Air saat ini.

“Dengan modal besar yang sudah didapatkan dari guru, pengalaman, teruslah dikembangkan keilmuannya, silakan menyebar, belajar di berbagai universitas untuk menambah Ilmu, karena suatu saat nanti ilmu yang didapatkan akan di persembahkan kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan negara,” tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri SAg MH dalam sambutannya  mengatakan MUQ harus menjadi pilot projek dayah tahfizul Quran di Aceh. Karena Dayah MUQ Pagar Air merupakan dayah pemerintah Aceh yang setiap tahunnya dialokasikan anggaran khusus untuk pembangunan dan peningkatan SDM.

“Alhamdulillah, sejak berdiri MUQ telah menghasilkan alumni yang sukses menjadi teladan yang berjiwa Qurani di masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh, kepala UPTD Pengelolaan Dayah Perbatasan dan Dayah MUQ Pagar Air, serta pejabat lainnya, Imam Mukim Pagar Air, Dewan Pembina, Pengurus Sruktural, para dewan guru, ustaz dan ustazah.

Lulusan terbaik  mendapat penghargaan kategori  khatam tercepat putra dan putri baik program regular dan takhasus. Selanjutnya kategori hafalan terlancar putra dan putri, nilai tertinggi dan santri teladan putra dan putri.

 

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT