Mahasiswa Pascasarjana Teknik Sipil Unimal Angkatan 2022 Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir




Kuala Simpang – Mahasiswa Pascasarjana Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh Angkatan 2022 menyalurkan bantuan untuk mahasiswa korban banjir di Aceh Tamiang. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian sesama mahasiswa khususnya yang ada di Aceh Tamiang dan masyarakat sekitar, Kamis, 10 November 2022.

Kordinator Angkatan, Jufriza mengatakan, Kontribusi sosial ini yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian untuk membantu para korban yang terdampak banjir Aceh Tamiang khususnya rekan kita yang ada di Tamiang.

Perlu diketahui, genangan air telah merendam 12 Kecamatan Aceh Tamiang sejak tanggal 31 Oktober 2022 lalu juga merupakan banjir yang berdampak pada perekonomian Aceh terutama terputusnya akses lintas Medan-Aceh dan sebaliknya.

Sebelumnya, Rektor Unimal Prof. Dr. Herman Fithra juga telah menyalurkan bantuan melalui Bupati Aceh Tamiang dan mengirimkan dokter, tenaga medis, obat-obatan, serta 23 relawan dari mahasiswa pada 5 November lalu.

Lebih lanjut, Mahasiswa Pascasarjana Teknik Sipil Suriadi yang berasal dari aceh Tamiang menyampaikan “banjir kali ini merupakan banjir terparah di Aceh Tamiang sejak 2006, kondisi di Hilir khususnya di kediaman saya Kecamatan Bendahara ini adalah wilayah terparah karena menerima kiriman air dari Hulu Aceh Tamiang yang dibagi dari sungai kiri dan kanan”.

Suriadi juga menambahkan ketinggian air hilir ini bervariasi mulai dari 50 cm hingga 2.5 meter di bagian Hilir dan telah mengakibatkan satu orang meninggal dunia akibat terseret arus banjir di sungai iyu, Kondisi ini diperburuk beberapa titik tanggul di hilir Aceh Tamiang, tak kunjung diperbaiki pasca banjir januari 2022 lalu.

Peristiwa tersebut, ini menjadi perhatian dari Mahasiswa Pascasarjana Prodi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh sudah 10 hari Wilayah Kecamatan Bendahara Aceh Tamiang ini masih digenangi banjir, mahasiswa (unimal) berinsiatif membantu teman seangkatan di Aceh Tamiang dengan mengumpulkan donasi untuk dapat diberikan kepada teman yang terkena banjir dan selebihnya donasi dibagikan ke lingkungan sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di Aceh Tamiang.

Kamis 10 November 2022 Melalui mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Malikussaleh Angkatan 2022 Suriadi syahputra yang berada di desa Lubuk Batil Kecamatan Bendahara, dari hasil donasi mahasiswa Magister Teknik Sipil Angkatan 2022 Universitas Malikussaleh akan disalurkan di beberapa titik dikecamatan Bendahara diantaranya Desa Lubuk Batil, Desa Lambung Blang dan Desa Tanjung Parit serta kepada 20 Rumah warga sekitar kediaman mahasiswa di Daerah Hilir.

Suriadi berharap kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kondisi warga setempat dalam menangani segala bencana yang terjadi, terutama dalam memfasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan banjir, seperti tanggul yang pecah tak kunjung diperbaiki, akses lalu lintas yang terhenti mengakibatkan minimnya bantuan dan akses logistik dari sumatera utara ke Aceh dan sebaliknya, kondisi ini diperparah gagal panen padi warga dan terhentinya jalur perdagangan Aceh Sumatera Utara yang mengakibatkan langka dan kenaikan harga barang diatas normal tutupnya.

Ketua Prodi Magister Teknik Sipil Universitas Malikussaleh Dr. Ing. Sofyan menambahkan, mahasiswa yang diharapkan mampu menganalisis permasalahan bencana yang terjadi dan dapat mengaplikasikan metodologi untuk menemukan solusi, khususnya bencana dan infrastuktur di Aceh.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT