Kuliner ‘Nyentrik’ Warisan Nenek Moyang Simeulue

BANDA ACEH – Masa silam, kuliner dari wilayah kepulauan di Aceh telah lekat di lidah jelata, bahkan sampai juga ke meja makan para raja. Bagi sebagian orang namanya memang agak sedikit menggelitik, tapi tidak bagi masyarakat Simeulue. Mereka tetap bangga menyebut kuliner nyentrik berlakap memek itu.

Sebab kuliner ini punya nilai sejarah besar. Jauh sebelum Indonesia merdeka, medio 1940-an, kuliner memek mulai dikenalkan masyarakat Simeulue melalui mulut ke mulut.

Sebutan memek sebenarnya memiliki arti mengunyah atau menggigit.

Zaman dulu, nama tersebut diangkat dari kebiasaan nenek moyang masyarakat Simeulue yang sering mengunyah beras ketan dicampur pisang. Sehingga muncul istilah mamemek . Penyebutan huruf ‘e’ dalam kata memek mirip seperti mengucapkan ‘e’ pada kata angka enam.

Mulanya, santapan sederhana berbahan dasar beras ketan putih dan pisang kepok ini hanya bisa ditemui pada perayaan adat warga Simeulue, atau hanya disajikan sebagai menu penghormatan saat tamu bertandang ke rumah. Selain itu kuliner memek juga kerap jadi cemilan nelayan untuk mengganjal perut kala mengais rezeki di laut.

Lambat laun, makanan ini mulai dikenal khalayak ramai dari luar pulau Simeulue. Hingga memek ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia pada 2019 lalu. Sebuah prestasi yang patut dibanggakan tak hanya oleh masyarakat Simeulue, namun Aceh pada umumnya.

Kuliner memek berbahan dasar beras ketan putih, pisang kepok, dan santan kelapa.

Cara membuatnya beras ketan putih terlebih dahulu digongseng hingga berbentuk kuning kecoklatan. Lalu pisang kepok ditambah taburan gula secukupnya, dihaluskan dalam wadah. Kemudian, kelapa yang telah diperas jadi santan, diguyur ke adonan pisang tersebut.

Bahan-bahan ini lalu dicampur dan ditumbuk menggunakan batang pisang atau benda keras lainnya sampai benar-benar halus.

Bendahara Dekranasda Simeulue, Agnes, mengatakan sajian memek bertekstur kasar dan lembut. Manis dan gurih jadi rasa paling dominan dalam kuliner khas daerah kepulauan di Aceh itu.

Menurutnya, selain daya pikat wisata bahari, wisatawan yang berkunjung ke Simeulue kini mulai tertarik dengan kuliner di sana. Salah satunya memek.

“Kuliner ini jadi incaran wisatawan. Mungkin karena namanya unik, jadi mereka penasaran,” ujarnya.

Namun bagi Anda yang penasaran dengan sajian memek, sementara tak perlu berlayar jauh ke Simeulue. Cukup sambangi anjungan kabupaten itu di arena utama Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Seporsi sajian kudapan memek cuma dijual Rp5 ribu saja di sana.

“Selain itu kami juga menyediakan varian makanan tradisional lainnya dari Simeulue,” kata Agnes.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT