Kemenag Aceh Tingkatkan SDM Penyuluh Agama Islam di Aceh Barat

Meulaboh, JBA – Ketua Tim Penyuluh Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Dra Hj Evi Sri Rahayu MSos mengatakan Penyuluh Agama Islam (PAI) tidak boleh mengabaikan perkembangan zaman dengan fasilitas teknologi yang terus mengalami peningkatan

“Era digital, memang ada pergeseran cara berdakwah dan ini harus disikapi secara bijak, tidak boleh diabaikan,” jelasnya saat Peningkatan SDM Penyuluh Agama Islam Berbasis Digital, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Meulaboh, Aceh Barat, Kamis, 19 September 2024.

Hal ini, sebut Evi Sri Rahayu, sangat beralasan, sebab masyarakat modern sudah melalui harinya dan aktifitas di dunia digital. Di platform media sosial (medsos) mereka mencari manfaat. Banyak pula yang memanfaatkan medsos dengan tujuan negatif.

“Karenanya, penyuluh agama mesti menciptakan konten kreatif bernuansa dakwah, untuk menasihati pengguna medsos sekaligus mengawasi mereka dari ancaman negatif,” jelasnya Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Penyulub Agama Republik Indonesia (PW IPARI) Aceh ini, yang didampingi Sekretaris PW IPARI Aceh, Rahmawati SAg.

Ia menegaskan, sering kali masyarakat yang bermasalah dengan interaksi media sosial, lalu membawa perkara itu ke alam nyata. Begitu juga sebaliknya, permasalahan di alam nyata justru dibawa ke media sosial sehingga memicu konflk lebih besar lagi, baik personal maupun kelompok.

“Jadi tugas dan ruang lingkuo kerja penyuluh agama makin luas, dengan cara berdakwah di dua wadah, yaitu wadah digital dan wadah luar jaringan (Luring),” jelasnya.

Menurutnya, bukan hanya persoalan kontem dan dakwah bernasis digital. Penyuluh agama juga dituntut peka terhadap kepentingan pribadinya sebagai pegawai pemerintah dan mampu menyelesaikan berbagai administrasi berbasis digital, seperti SKP dan e-PA. Bahkan masih banyak keperluan administrasi digital lainnya yang mesti dikuasai oleh pegawai sebagai dukungan transformasi digital.

“Saya paham, tidak semua melek IT, tapi siapa pun yang mau belajar, pasti ada jalan,” tutupnya dalam acara yang dibuka Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Barat, H Abrar Zym.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT