Dirlantas Polda Aceh Apresiasi Anggotanya yang Berhasil Tangkap Pencuri Emas

Banda Aceh — Dirlantas Polda Aceh Kombes M. Iqbal Alqudusy mengapresiasi apa yang dilakukan anggotanya, yaitu Bripka Dena E.S Ketaren, Ipda Rahmat, dan Briptu Eko Afriyadi. Mereka berhasil menangkap pencuri emas, Selasa, 15 Agustus 2023.

“Saya sangat mengapresiasi Bripka Dena, Ipda Rahmad, dan Briptu Eko atas keberhasilannya menangkap pencuri emas. Apa yang mereka lakukan adalah salah satu wujud Polantas Aceh Hadir di tengah masyarakat dalam menjamin keamanan,” kata Iqbal, dalam keterangannya di Banda Aceh, Selasa, 15 Agustus 2023.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Tengah itu juga mengatakan, selaku pimpinan dirinya akan memberikan reward atas dedikasi dan kepedulian anggotanya kepada masyarakat yang sedang membutuhkan atau kemalangan.

Di samping itu, Iqbal juga berterima kasih kepada masyarakat yang begitu cepat melaporkan kejadian tersebut, sehingga bisa cepat ditangani dan menangkap pelaku.

“Terima kasih, masyarakat sudah melaporkan kejahatan yang dialami dengan cepat tanpa ragu-ragu. Ini merupakan salah satu bukti, bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Polri makin meningkat,” ujarnya.

Kronologi Kejadian

Iqbal Alqudusy juga membeberkan asal mula penangkapan itu terjadi. Selasa, 15 Agustus, Bripka Dena E.S Ketaren, Ipda Rahmat, dan Briptu Eko Afriyadi sedang melaksanakan patroli di seputaran Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Mereka menerima laporan dari korban atau pemilik Toko Emas Dinar bahwa telah terjadi pencurian emas yang dilakukan oleh seorang wanita dan dua pria menggunakan mobil Honda Brio warna merah.

Mendapatkan laporan tersebut, kata Iqbal, anggotanya itu langsung memancarkannya ke jajaran Satlantas Polresta Banda Aceh untuk memonitor pergerakan mobil dengan identitas yang disampaikan korban.

Selain itu, sambungnya, salah satu anggotanya itu juga melacak rekanan rental untuk mendeteksi kepemilikan mobil yang digunakan pelaku. Alhasil, mobil tersebut diketahui miliki MH—pengusaha rental.

MH mengakui bahwa yang digunakan pelaku adalah mobil miliknya. Pelaku juga menelpon ingin menukar dengan mobil lain, dengan alasan ingin membawa keluarga.

“Para pelaku berencana menukar mobil rentalnya. Namun, anggota kami cepat ke lokasi dan menangkapnya. Setelah itu, anggota saya menghubungi Polsek Baiturrahman untuk menjemput para pelaku,” pungkas Iqbal.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT