Akhyar Kamil Serahkan Langsung Jenazah Warga Aceh yang Meninggal di Bogor ke Keluarganya

Lhoksukon – Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), Akhyar Kamil menyerahkan langsung jenazah almarhum Darmidi (51), warga Aceh yang meninggal di Citayem, Bogor. Kedatangan Akhyar Kamil beserta relawan disambut oleh ratusan masyarakat setempat.

Akhyar menyerahkan jenazah tersebut ke pihak keluarga di Desa Meunasah Aron, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 1 Juni 2023.

“Alhamdulillah, saya selaku Ketua PAS yang didampingi para relawan ikut mengantar dan menyerahkan langsung jenazah salah satu warga Aceh atas nama Darmidi yang meninggal di Bogor, ke keluarganya di Muara Batu, Aceh Utara,” kata Akhyar Kamil, dalam keterangannya kepada awak media setelah mengantar jenazah tersebut.

Akhyar mengisahkan, almarhum Darmidi sebelumnya bekerja di Jawa Barat. Dengan kondisi fisik yang cacat—kedua matanya buta—almarhum bertahan hidup dengan cara meminta sedekah.

Akhyar mengatakan, dirinya mengetahui Darmidi meninggal dunia dari warga Aceh yang ada diperantauan. Karena keterbatasan biaya, warga Aceh di perantauan meminta dirinya memfasilitasi pemulangan jenazah almarhum.

“Selaku orang yang dipercayakan sebagai ketua di rantau, saya langsung menanggapi permintaan dari warga Aceh di perantauan dan memerintahkan relawan untuk segera mengurus pemulangan jenazah almarhum Darmidi ke Aceh. Dan saya ikut serta,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Akhyar Kamil ikut menegaskan, bahwa Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) bukanlah partai politik (parpol), melainkan wadah berkumpulnya orang-orang Aceh di rantau untuk saling membantu dan melengkapi.

“Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) bukan parpol. Ini adalah wadah berkumpulnya orang Aceh di perantauan untuk saling membantu, salah satunya, ya, seperti pemulangan jenazah almarhum Darmidi ini,” ujar Akhyar Kamil.

Ia juga mengungkapkan, bahwa hingga saat ini Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) telah membantu memulangkan 272 jenazah orang Aceh yang meninggal di perantauan secara gratis. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak pertama kali kegiatan sosial itu dijalankan hingga sekarang.

“Semua jenazah orang Aceh yang meninggal di perantauan kami bantu pulangkan secara gratis. Jenazah almarhum Darmidi adalah yang ke-272. Ini adalah wujud kepedulian Persaudaraan Aceh Seranto kepada seluruh masyarakat Aceh,” pungkas Akhyar Kamil.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT