Satlinmas, Personil Potensial dalam Penanggulangan Bencana




Calang, Jaringanberitaaceh.com – Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Kabupaten Aceh menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), di Calang, Aceh Jaya, 15 Desember 2022.

Kepala Satpol PP dan WH Aceh Jaya, Drs Supriadi mengatakan bimtek Satlinmas digelar untuk meningkatkan pemahaman dengan cara mengulang kembali regulasi-regulasi terkait pembentukan, pembianaan, dan pemberdayaan Satlinmas dalam memaksimalkan fungsi dan peran. Memberikan semangat, motivasi, serta edukasi secara mandiri kepada anggota Satgas Linmas kabupaten, kecamatan, serta anggota Satlinmas gampong dalam rangka mencipatakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

“Juga penanggulangan bencana yang sewaktu- waktu akan terjadi,” jelasnya.

Lanjut Supriadi, bimtek berlangsung selama dua hari yakni tanggal 14 dan 15 Desember 2022, diikuti 40 peserta, terdiri dari tujuh orang dari Satgas Linmas kabupaten, sembilan Kasi Trantib kecamatan, 16 anggota Satlinmas gampong perwakilan kecamatan dan enam anggota Satlinmas Gampong Lhok Timon yang selama ini aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Bimtek Satlinmas kali ini menghadirkan narasumber Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP dan WH Aceh, Drs Muhammad Nasir, Kasat Bimas Polres Aceh Jaya, AKP Iswandi, M.Si dan Kabid. Tibumtran Linmas Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya, Hamdani MSi.

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Abdul Jabar SPd mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Satpol PP-WH saat ini. Bimtek ini diharapkan mampu menjadikan Satlinmas semakin tanggap, responsif, dan terampil dalam mendukung terciptanya ketertiban umum, ketenteraman masyarakat, serta pelindungan masyarakat.

Lebih lanjut, Pj Bupati Aceh Jaya meminta terus membina kemampuan dan mutu pribadi para anggota Satlinmas di wilayah masing-masing. Karena anggota Satlinmas adalah personil yang potensial untuk diberdayakan untuk menjaga keamanan, ketertiban umum, ketenteraman masyarakat serta pelindungan masyarakat dengan tetap melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri.

“Ke depan, menghadapi pelaksanaan Pemilu legislatif, pemilihan Presiden dan Pemilu Kada tahun 2024,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT