Lulus Sea Trial Usai Docking, KMP Aceh Hebat 1 Angkut Kendaraan Antre di Calang

 

Calang, Jaringanberitaaceh.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 kembali melayani penyeberangan ke Simeulue, setelah selesai docking tahunan. Operasional itu setelah dinyatakan lolos pasca pengujian kelayakan berupa Sea Trial.

Pada penyeberangan perdana, Jumat (10/12/2021), KMP Aceh Hebat 1 langsung menuntaskan antrean kendaraan di Dermaga Calang untuk diangkut ke Simeulue. 21 kendaraan campuran diangkut pasca docking rutin

Sebelum kembali ke lintasan pelayarannya, KMP. Aceh Hebat 1 mengikuti serangkaian pengujian untuk memenuhi kelayakan operasional pelayaran. Di antaranya, dilakukan sea trial yang diawasi langsung oleh Marine Inspector dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 1 Aceh, pada siang tadi.

Sea trial meliputi pemeriksaan dan pengujian alat keselamatan, navigasi, performa mesin, dan Syarat Pelayanan Minimum (SPM).

Nakhoda kapal Aceh Hebat 1, Capt M Noer menyampaikan proses pengujian sea trial hari ini berjalan lancar.

“Pemeriksaan hari ini berjalan bagus, sesuai dengan yang diinginkan,” ujarnya.

Pemeriksaan rutin ini, tambahnya, merupakan sebuah keharusan agar pelayanan transportasi penyeberangan bisa aman dan selamat. Dirinya menyatakan kondisi KMP Aceh Hebat 1 setelah pelaksanaan docking sudah memenuhi standar untuk kembali dioperasikan.

Selama pelaksanaan docking KMP Aceh Hebat 1, pelayanan penyeberangan sangat berdampak terhadap aktivitas perpindahan orang dan barang dari dan ke Kabupaten Simeulue, dari daratan Aceh. Hal ini terlihat dari terjadinya antrean kendaraan beberapa waktu lalu di sejumlah pelabuhan penyeberangan, akibat terbatasnya kapal yang beroperasi.

Harapannya, aktivitas penyeberangan berjalan normal, sehingga kelangkaan logistik harian di wilayah kepulauan dapat dihindari. Terutama, menghadapi peningkatan jumlah pergerakan pada akhir tahun.

Kadishub Simeulue, Mulyawan menyambut baik operasinya KMP Aceh Hebat 1. Atas nama masyarakat Simeulue, Mulyawan menyampaikan terima kasih, termasuk perkiraan lonjakan penumpang dan barang pada akhir tahun tidak terganggu.

“Kita selalu ditanyai oleh masyarakat, kapan KMP Aceh Hebat 1 kembali melayani Calang-Sinabang,” ungkapnya. (*)

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT