Festival Panen Kopi Gayo Dipadu Seni dan Budaya

Takengon, Jaringanberitaaceh.com – Ditandai dengan pemukulan canang (gong) oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Alam Setdakab Aceh Tengah, Ir Khaidir MM.

Menandai resmi dibukanya Festival Panen Kopi Gayo Kampung Kelitu, Kecamatan Bintang yang akan berlangsung 10 September hingga 11 September 2022.

Festival Panen Kopi Gayo adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai wahana ekselerasi pemajuan kebudayaan di kawasan Kabupaten Aceh Tengah. Festival ini pernah diselenggarakan 4 kali, sejak 2017. Kali ini penyelenggaraan ke-5.

Ini merupakan festival yang mengombinasikan kegiatan pasar kopi, budaya, pariwisata, festival budaya dan pertunjukan dalam satu paket kegiatan yang merupakan bentuk selebrasi atas kegiatan panen raya (besar) kopi Gayo, sebagai salah satu komoditi unggulan di Tanah Gayo.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai pilot pemberdayaan masyarakat melalui kebudayaan dengan cara kreatif, mandiri, dan berkelanjutan, dengan pelibatan masyarakat sekitar sebagai pelaksana dan penyelenggara kegiatan,” ungkapnya.

Gelaran kegiatan yang melibatkan masyarakat sebagai pilot pemberdayaan dengan beragam kegiatan yang tentunya juga mengusung upaya mendukung program ekonomi kreatif di tengah masyarakat.

“Tentunya hal ini patut mendapat apresiasi sebagai bentuk upaya mengenalkan dan menumbuhkan semangat melestarikan kebudayaan Gayo bagi generasi muda yang ada di Kabupaten Aceh Tengah,” terang Khaidir yang tampak hadir di dampingi Camat dan segenap Forkopimcam Kecamatan Bintang.

Ke depan, tegasnya, lebih gencar lagi melakukan berbagai upaya mempromosikan dan meningkatkan potensi-potensi wisata.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT