Dekranasda Latih Pengrajin Tenun Songket

 

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com – Bupati Aceh Tamiang, H Mursil SH MKn membuka pelaksanaan pelatihan tenun/songket yang diikuti delapan peserta dari alumni angkatan kerja SDC Disnakertrans, di Galeri Dekranasda Aceh Tamiang, Senin (22/11/2021).

Mursil mengatakan ini kesempatan baik untuk bisa melahirkan perajin-perajin baru. Lahirnya perajin songket nantinya berdampak positif terutama pada keterampilan seni dan budaya yang dihasilkannya, yang bisa dipromosikan ke konsumen.

“Ada 25 motif songket Aceh Tamiang yang telah dipatenkan. Namun, masih banyak lagi kerajinan seni dan budaya khas daerah yang belum dipatenkan.

“Kepada Dekranas saya minta data kembali segala bentuk kekayaan khas daerah untuk dipatenkan, supaya tidak diklaim daerah lain,” ungkap Mursil.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Rita Syntia menyampaikan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk membuat perajin lebih maju dan bisa menghasilkan karya-karya berkualitas, dan berciri khas Bumi Muda Sedia. (SM)

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT