Irmawan alias Gandeng: Jangan Ragu,Daun Talas Beneng ada Pembelinya




Kuala Simpang,jaringanberitaaceh.com – Pria bernama Irmawan alias Gandeng, (47) adalah seorang petani sekaligus yang kini sebagai Bayer dari hasil tanaman daun dan umbi Talas Beneng untuk wilayah Aceh Tamiang dan sekitarnya bertempat di Dusun Cenderawasih  Kampung Landuh Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Rabu 03 Agustus 2022

Selain petani Talas Beneng, Gandeng juga sebagai peternak sapi di desanya,tidak hanya membeli namun juga menyediakan bibit serta di tunjuk sebagai pembina dari proses penanaman hingga pemasarannya.

“Ada aturan yang wajib diketahui, kita harus bermitra, dengan kemitraan ini kita bisa saling shering agar semuanya bisa terkontrol dengan baik supaya kwantitas dan kwalitas yang di hasilkan bisa tercapai dengan maksimal tentunya sesuai permintaan,” ucap Gandeng.

Selanjutnya, Gandeng mengatakan,untuk saat ini saya membeli daunnya sesuai arahana dari tim bayer yang ada di daerah Sumatera dengan harga beli yang sudah ditetapkan.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada mesin rajang yang di percayakan kepada saya, untuk daun yang saya ambil di lapangan seharga Rp 800 rupiah, kalau di antar ketempat saya saya hargai Rp 1000 rupiah,”jelasnya.

Namun kendala yang di hadapi hingga saat ini adalah,untuk kebutuhan daunnya saja masih kurang,apa lagi umbinya, per tiga hari sekali hanya 100 kilo yang dapat terkumpul.

Saat ini hanya ada beberapa tempat yang tersedia untuk wilayah Aceh Tamiang,seluruhnya ada sekitar 3 hektar, yaitu Kampung Padang Langgis, kampung Marlempang, Kampung Rantau Panjang Bane, Kampung Terban, Kampung Pangkalan dan Kampung Bukit rata.

Gandeng mengharapkan adanya perhatian dan bantuan dari pemerintahan daerah agar bisa membantu mengembangkan budidaya Talas Beneng ini guna meningkatkan tambahan perekonomian masyarakat,dgn memanfaatkan lahan tidur, sebab tanaman ini bisa hidup di areal apa pun dan tidak mengunakan pupuk kimia serta ramah lingkungan.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT