Satu Lagi Jemaah Haji Asal Lhokseumawe Meninggal di Arab Saudi

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan, sudah 3 jemaah haji Aceh yang berasal dari Kota Lhokseumawe meninggal dunia di Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Azhari usai mendapat informasi meninggalnya Rajunnah Puteh (77 tahun), jemaah kloter BTJ-04 di Madinah, dari petugas kloter, Zulkifli, melalui aplikasi perpesanan daring.

“Inna lillahi wainna ilaihi Rajiun. Diinformasikan dari rumah sakit KKHI Madinah, salah seorang jemaah haji Indonesia BTJ kloter 04 atas nama Rajunnah Puteh binti Puteh Utoh Bayu dari Lhokseumawe meninggal dunia pada hari Rabu, 5 Juli 2023, jam 03.57 WAS,” tulis Zulkifli.

Rajunnah, pemilik paspor bernomor C6319709 dari Banda Sakti, Lhokseumawe tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit King Salman, Madinah.

Dalam sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, almarhum diduga menderita infeksi paru-paru (pneumonia) akibat tingginya kadar gula dalam darah (diabetes mellitus). Ia sudah dirawat di Madinah sejak Minggu, 4 Juni 2023.

Menurut Azhari, mengingat kondisi Rajunnah, prosesi haji untuknya sudah dibadalkan oleh pemerintah.

Pemerintah Indonesia, kata Azhari, memfasilitasi badal haji bagi jemaah yang berhak. Seperti, jemaah haji yang meninggal dunia sebelum puncak haji dan mereka yang dirawat karena sakit.

Secara regulasi, ada tiga kelompok jemaah haji Indonesia yang bisa dibadalhajikan melalui program pemerintah.

Pertama, jemaah yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi, atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah. Kedua, jemaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan dan ketiga, jemaah yang mengalami demensia.

Azhari juga mengatakan bahwa pihak maktab sudah melakukan proses pengurusan jenazah dan fardu kifayah.

“Insya Allah sudah dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan di tempatkan di sisi Allah swt,” ujar Azhari.

Selain itu, Azhari mengatakan bahwa sudah 3 jemaah haji Aceh yang berasal dari Lhokseumawe, meninggal dunia di Arab Saudi, termasuk Rajunnah Puteh.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) meninggal di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, Minggu (4 Juni 2023) jam 05.00 WAS, lalu Hamdani bin Muhammad Jafar (55 tahun) meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekah, Minggu (25 Juni 2023) jam 10.00 waktu setempat.

Selain itu, kata Azhari, 5 jemaah haji Aceh lainnya juga meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi, masing-masing 2 jemaah dari Aceh Utara, 1 jemaah dari Bireuen, 1 jemaah dari Aceh Barat dan 1 jemaah yang berasal dari Banda Aceh.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT