Potensi Wakaf di Aceh Besar Masih Terpendam, BWI dan Baitul Mal Jalin Kemitraan

Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Aceh Besar melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar, di Kota Jantho, Senin, 31 Juli 2023.

Kedatangan pengurus BWI yang terdiri dari Ketua Drs H Salahuddin MPd, Wakil H Khalid Wardana SAg MSi, Sekretaris Drs H Imran, Bendahara Ikhsan SE, ketua divisi Drs H Rusli dan Samsul Bahri SAg MA  disambut Komisioner Baitul Mal Aceh Besar H Azwir Anwar SE, Nurhadi Wiraatmaja Lc, Ilham Hidayatullah Lc MA dan Indah Prihatin SHI ME.

“Sebagai lembaga yang diamanahkan undang-undang untuk mengurus perwakafan, maka BWI mengajak Baitul Mal bersinergi dan bekerja sama untuk mengelola aset harta agama, terutama aspek pembinaan nazir wakaf, pendataan dan penyelamatan tanah wakaf melalui sertifikasi tanah wakaf dan menjadikan aset tanah wakaf bernilai ekonomis dan produktif sehingga membawa mamfaat untuk umat,” ungkap H Salahuddin.

Sementara Khalid Wardana menyebutkan potensi dan jumlah tanah wakaf di Aceh Besar sangat besar dan tersebar di semua gampong, tetapi belum dikelola secara maksimal, bahkan masih banyak yang belum memiliki legalitas hukum berupa akta ikrar wakaf dan sertifikat tanah wakaf. Peran dan tanggung jawab nazir sangat lemah dalam pengelolaan tanah wakaf, untuk itu dengan dukungan kemitraan program dari Baitul Mal ditargetkan potensi tanah wakaf dapatdi kembangkan dengan baik di masa depan.

Kerja sama BWI dan Baitul Mal, diharapkan potensi wakaf yang saat ini masih terpendam dan belum dikelola secara profesional akan membawa perubahan signifikan dalam tata kelola wakaf dan menjadikan aset wakaf membawa mamfaat lebih besar untuk kemaslahatan umat. Begitu juga dengan persepsi dan pemahaman masyarakat dalam tata kelola wakaf menjadi lebih baik sehingga tidak lagi muncul sengketa wakaf, disalah gunakan dan aset wakaf yang terbengkalai.

“Untuk itu kedua lembaga berkomitmen melakukan sosialisasi dan advokasi secara bersama,” tegas Khalid Wardana yang juga Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Baitul Mal Aceh Besar, H Azwir Anwar  menyambut positif kunjungan pengurus BWI untuk bersilaturahmi dan menyampaikan perkembangan tentang wakaf. Lembaga Baitul Mal berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan tata kelola aspek wakaf yang lebih baik. BWI dapat menyampaikan data, permasalahan dan rancangan kegiatan kepada Baitul Mal. Mudah-mudahan mulai 2024 dapat direalisasikan secara bersama.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.