Plt Kakanwil dan Direktur PD Pontren Kemenag RI Hadiri Wisuda Perdana Ma’had Aly Malikussaleh Panton Labu

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag, selaku Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendis Kementerian Agama RI, menghadiri pelepasan mahasantri pada kegiatan Wisuda Perdana Sarjana (S1) / Marhalah Ula Ma’had Aly Malikussaleh Panton Labu, Kab. Aceh Utara.

Dalam sambutannya, Direktur memberi pesan untuk para wisudawan/i Mahasantri Marhalah Ula Ma’had Aly Malikussaleh harus kuat pemahaman Fiqh, bahkan tidak hanya Fiqh akan tetapi kuat pemahaman pada Ushul Fiqh, sehingga dapat membersamai pengayaan kaedah kaedah baru ushul fiqh yang kontemporer dalam menghadapi perkembangan zaman.

Dalam kesempatan itu Direktur turut didampingi oleh Kasubdit PDMA Kemenag Pusat Drs. Nurul Huda, M.Ag beserta Mas Maulan Navis ajudan Direktur.

Sebelum sambutan Direktur, acara wisuda diawali oleh sambutan Pengasuh Dayah Baba Baihaqi, dan juga diawali oleh menghenikan cipta keberkahan doa kepada para almarhum alim ulama, para pahlawan dan para kedua orang tua serta kaum muslimin dan muslimat yang dipimpin doa oleh Mudir Ma’had Aly Tgk Abon Dr. Hasbuh yang didampingi Pimpinan Pondok, Ummi panton.

Hadir mewakili Plt. Kakanwil Kemenag Aceh, Kakankemenag Aceh Utara, Drs. H. Maiyusri beserta rombongan, dan mewakili Kabid PD Pontren Kanwil Rakhmad Mulyana, S.Ag., M.Si selaku Subkoordinator Pendidikan Muadalah, Diniyah Formal dan Ma’had Aly Kanwil, dan dihadiri juga unsur forkopimda Kabupaten Aceh Utara serta Jajaran Mudir Ma’had Aly Darul Munawwarah Tgk. Mujlis, Jajaran Mudir Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif, Tgk Jufri, dan Mudir Ma’had Aly Darussalam Al Waliyah Abi Hidayat serta jajaran Mudir Ma’had Aly lainnya.

Saat ini sudah ada 6 lembaga Ma’had Aly di Aceh. Saya urutkan sesuai Izin dan Tahun operasional yaitu (1). Ma’had Aly Mudi Mesra yang berada di lingkungan Pesantren Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah, Samalanga, Kab. Bireuen, yang lahir tahun 2016, dengan konsentrasi Kajian Fiqh dan Ushul Fiqh. (2). Ma’had Aly Darul Munawwarah yang berada di Pesantren Darul Munawwarah, Kuta Krueng, Kab. Pidie Jaya yang lahir tahun 2017, dengan konsentrasi Kajian Tafsir dan Ilmu Tafsir. (3). Ma’had Aly Malikussaleh yang berada di Pesantren Malikussaleh, Panton Labu, Kab. Aceh Utara, yang lahir di tahun 2018 dengan Konsentrasi Fiqh dan Ushul Fiqh.

Kemudian yang ke (4). Ma’had Aly Raudhatul Maarif yang berada di Pesantren Dayah Raudhatul Maarif, Cot Trueng, Kab. Aceh Utara lahir ditahun 2019 konsentrasi kajian fiqh dan Ushul Fiqh. Yang ke (5). Ma’had Aly Babussalam Al Hanafiyyah yang berada di lingkungan Pesantren Dayah Babussalam, Matang Kuli, Kab. Aceh Utara lahir di tahun 2019 dengan konsentrasi Kajian Tafsir dan ilmu tafsir. Serta yang terakhir yang ke (6).  Ma’had Aly Syekh Muda Wali Al-Khalidy yang berada di Pesantren Pondok Pesantren Darussalam Al-Waliyyah, Labuhan Haji, Kab. Aceh Selatan yang lahir ditahun 2019 dengan konsentrasi kajian Tasawwuf wa Thariiqatuhu.

Inilah sampai saat ini 6 Ma’had Aly yang sudah lahir di Aceh dan Alhamdulillah ketiganya ada di Aceh Utara ini termasuk Ma’had Aly Malikussaleh yang melaksanakan Wisuda Sarjana Marhalah Ula (S1) Ma’had Aly yang konsentarsi kajian pada Fiqh dan Ushul Fiqh, ujar Rakhmad .

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.