PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Akibat Banjir di Aceh Utara dan Lhokseumawe

Lhokseumawe, JBA – 26 Desember 2023 – Dengan sigap, PLN bersiap mengatasi krisis listrik akibat banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara pada 25 – 26 Desember 2023.

Pengamanan kelistrikan di lakukan pada wilayah yang terdampak di lima kecamatan, yaitu Lhoksukon, Cot Girek, Matangkuli, Pirak Timur, dan Tanah Luas, dan beberapa kecamatan di kota lhokseumawe yang di alami pada 42 unit trafo atau sekitar 2816 pelanggan.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lhokseumawe melakukan tindakan cepat untuk pemulihan sistem kelistrikan termasuk pengamanan trafo, pemblokiran, serta perbaikan tiang dan jaringan yang rusak akibat banjir. Kendala terkini melibatkan kondisi jalan yang masih tergenang banjir, menjadi tantangan bagi petugas.

Parulian Noviandri, General Manager PLN Unit Induk Distribusi ( UID ) Aceh, menjelaskan bahwa pemadaman dilakukan untuk keselamatan bersama, terutama saat rumah warga dan jaringan PLN terendam air.

“PLN akan Mengaliri listrik kembali di lokasi banjir jika seluruh jaringan sudah dalam kondisi aman dan siap dialiri listrik,” ujarnya

Manajer PLN UP3 Lhokseumawe, RM Dimas Adhi Prabowo, menekankan bahwa selama siaga Natal 2023 dan tahun baru 2024, PLN siap menjaga kehandalan dan mengamankan sistem kelistrikan, mulai dari tindakan preventif maupun korektif, termasuk kejadian selama cuaca ekstrim dan banjir yang saat ini terjadi.

“Kita berharap agar cuaca dan kondisi segera pulih, sehingga tim bisa bekerja secara maksimal,” ujar Dimas.

Dalam konteks keselamatan kelistrikan, Dimas mengimbau agar tidak mencoba menangani sendiri gardu PLN yang terkena banjir atau pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik. Masyarakat juga diingatkan untuk segera melaporkan kejadian serupa kepada PLN.

Sementara itu, Manager PLN ULP Lhoksukon, Maimunah, mengatakan dengan respon cepat PLN dalam menangani banjir di Aceh Utara dan Lhokseumawe sehingga sistem kelistrikan secara umum sudah beroperasi.

“Namun masih ada 4 gardu yang membutuhkan pengamanan khusus dan belum bisa diakses oleh petugas,” ujarnya.

Maimunah juga menghimbau kepada masyarakat apabila ada gangguan dan keluhan bisa langsung melakukan pengaduan melalui Aplikasi PLN Mobile.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT