Pj Bupati Aceh Jaya Tinjau Lokasi Banjir di Teunom

Calang, Jaringanberitaaceh.com – Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si turun langsung meninjau lokasi banjir yang terjadi di Desa Pulo Tinggi, Kecamatan Pasie Raya dan Desa Pasie Geulima, Kecamatan Teunom pada hari Minggu (7/05/2023). Selain meninjau langsung kondisi yang terjadi, Bupati Nurdin juga memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak banjir.

Dalam kunjungan tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya didampingi oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM, Kapolres Aceh Jaya AKBP Yudi Wiyono, Wakil Ketua I DPRK Aceh Jaya Irwanto NP, Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya Drs. Fahmi, Kepala BPBK Aceh Jaya Fajri, S.AG, Camat Teunom T. Nazaruddin, S.E., M.M dan Camat Pasie Raya Hamdani, S.Pd. MM, beserta Unsur Forkopimcam setempat.

Dalam kunjungannya, Nurdin mengecek kondisi daerah yang terdampak banjir dan memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran. Ia juga berbicara dengan warga setempat untuk mengetahui kebutuhan mereka selama masa pemulihan pasca-banjir.

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin menyampaikan bahwa Ada tujuh kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Darul Hikmah, Indra Jaya, Sampoiniet, Krueng Sabee, Panga, Pasie Raya, dan Teunom. Pada siang tadi, banjir rata-rata sudah mulai surut, kecuali di Kecamatan Pasie Raya, Teunom, dan Darul Hikmah yang masih terendam.

“Tadi malam, warga di Pasie Raya sempat mengungsi. Alhamdulillah, sekarang air sudah mulai surut. Saat ini, kami tengah mempersiapkan tempat pengungsian di Kecamatan Teunom karena air dari Pasie Raya sudah mulai surut dan turun ke kecamatan paling bawah, yaitu Kecamatan Teunom. sehingga kami perlu mempersiapkan kemungkinan terburuk dengan menyiapkan tempat pengungsian bagi masyarakat Teunom.” Ujar Nurdin.

Sambungnya, Pemerintah Aceh Jaya akan segera melakukan beberapa langkah dalam jangka pendek untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di daerah ini. Salah satu tindakan yang akan dilakukan adalah menormalisasi muara-muara sungai yang menjadi penyebab genangan dan banjir.
Selain itu, untuk jangka menengah, pemerintah Aceh Jaya akan menyampaikan kepada Gubernur Aceh agar beliau dapat melaksanakan tanggung jawabnya dalam penanggulangan banjir di sungai kita. Hal ini karena sungai-sungai di Aceh Jaya semakin besar dan hal ini merupakan kewenangan provinsi.

“Semalam, kami sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan segera mendapatkan dukungan personel dam bantuan dari provinsi.” Ungkapnya

“kami juga telah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Pengelolaan Bencana (BNPB) dan memohon bantuan tanggap darurat dan rehab rekon. Alhamdulillah, BNPB telah menyetujui untuk membantu memperbaiki tanggul di pinggir sungai yang rusak akibat banjir.” Jelas Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut.

Setelah meninjau langsung kondisi yang terjadi, Nurdin memberikan bantuan berupa sembako secara simbolis kepada warga yang terdampak banjir.

Semoga kegiatan ini dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir dan mempercepat pemulihan daerah pasca-bencana.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT