Pj Bupati Aceh Jaya jadi Inspektur Upacara Hardikda

Calang, JBA – Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-64 di SMKN 1 Calang, Rabu (06/09/2023).

Dalam upacara tersebut, Dr. Nurdin menyampaikan amanat dari Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki, yang mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menjadikan Hari Pendidikan Daerah sebagai momentum untuk bergerak maju dan terus memperbaiki diri secara menyeluruh ke arah yang lebih baik, sejalan dengan tema hari pendidikan daerah aceh ke 64 tahun 2023 yaitu “Bergerak Maju Untuk Pendidikan Aceh Yang Lebih Baik”.

“Sebagai salah satu program prioritas pembangunan daerah, berbagai kegiatan prioritas berkaitan pendidikan telah kita rancang, seperti; penguatan pendidikan vokasional di berbagai bidang, penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, penyediaan beasiswa, upaya pemerataan guru di seluruh daerah, serta peningkatan mutu/kompetensi guru dan siswa serta beberapa kegiatan prioritas lainnya,” ujar Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin juga membacakan amanat yang mengapresiasi seluruh insan pendidikan Aceh yang telah bekerja keras dalam memajukan pendidikan di daerah.

“saya atas nama pribadi dan pemerintah aceh menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada bapak/ibu sekalian, terutama kepada insan pendidikan aceh atas sumbangsihnya selama ini dalam memajukan pendidikan di daerah kita. bapak/ibu sekalian tentunya sudah dengan susah payah mendidik generasi muda kita agar mereka mampu menjadi generasi penerus yang berilmu pengetahuan, berdaya saing dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Berbagai program dan kegiatan prioritas tersebut telah menunjukkan hasil yang menggembirakan baik di level nasional maupun internasional. sebagai contoh, di tingkat nasional tahun 2023 ini, aceh menempati peringkat kelima siswa diterima terbanyak di perguruan tinggi negeri (ptn) jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (snbp) yaitu mencapai 6.888 siswa. Jika menggunakan rasio persentasi jumlah siswa yang diterima dari jumlah siswa yang mendaftar, maka aceh meraih peringkat pertama persentase kelulusan snbp yang masuk ptn 2023, dengan capaian 41,86 persen.

Selain itu, aceh juga mendapatkan beberapa penghargaan pada festival lomba dan seni siswa nasional khususnya fls2n slb tingkat nasional, yaitu medali emas, perak, perunggu dan penghargaan khusus di beberapa cabang yang dipertandingkan. Di tingkat internasional, aceh juga mengukir beberapa prestasi, baik yang dicapai oleh guru maupun siswa, seperti perolehan 2 medali emas ajang penelitian internasional yang diselenggarakan oleh korea international women’s invention exposition (kiwie). selanjutnya, medali emas dan perunggu juga diraih oleh siswa aceh di ajang olimpiade sains nasional tahun lalu.

Hardikda Aceh ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh No.90/1960 tanggal 5 Oktober 1960. Tanggal 2 September dipilih karena bertepatan dengan peresmian Kota Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada tahun 1959.

Kopelma Darussalam merupakan kompleks pendidikan yang terletak di Kecamatan Darussalam, Aceh Besar. Kompleks ini terdiri dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala (USK), dan Dayah Mayang Tgk. Syik Pante Kulu.

Upacara peringatan Hardikda Aceh ke-64 tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM, Bunda Paud Aceh Jaya, Ketua MPD Aceh Jaya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Kacabdin Aceh Jaya, Asisten Setdakab, tenaga pendidik, perwakilan pelajar se-Aceh Jaya, dan unsur terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Nurdin juga menyerahkan penghargaan kepada Nofia Azrianti, SE, atas prestasinya meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains PGRI Aceh Tahun 2023 Se-Provinsi Aceh, Penghargaan Sekolah Berkemajuan Terbaik Tahun 2023 kepada SD dan SMP di Aceh Jaya serta cendera mata Kepada Pensiunan Kepala SMAN 1 Krueng Sabee.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT