Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparutur Desa Resmi Ditutup

Banda Aceh, JBA – Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Angkatan ke-VIII Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indinesia telah resmi ditutup oleh Plh.Dirjen Bina Pemerintahan Desa di Grand Nanggroe Hotel,Rabu,8/11/2023.

Dalam arahannya Via ZOOM ,Plh.Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Dr.Drs.La Ode Ahmad P. Bolombo, A.P, M.Si mengharapkan 131.600 peserta yang telah dilatih dapat mendorong kepala desa dan perangkatnya untuk memiliki pemahaman leadership (kepemimpinan) dan entreprenuership (kewirwusahaan).

“Program ini bertujuan untuk mempercepat serapan anggaran dana desa (APBDes) dengan fokus pada kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa”,tutur La Ode.

La Ode juga berharap pasca pelatihan, aparatur desa mampu meningkatkan koordinasi dan soliditas yang baik untuk melayani masyarakat. Pelatihan itu juga diharapkan mampu meningkatkan sinergitas Pemdes dan BPD dalam percepatan pembangunan desa dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat desa.

“Setelah pelatihan ini diharapkan pemerintah desa mampu meningkatkan pelayanan publik lebih optimal kepada masyarakat di desa,” tambah La Ode.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Dr. Ir. Zulkifli, M.Si, dalam sambutannya mengatakan apresiasi dan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Kementrian Dalam Negeri yang telah melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa melalui program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa (P3PD) tahun 2023 di Aceh.

“Kami atas nama Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Meteri Dalam Negeri dan Dirjen Bina Pemerintah Desa yang telah melatih aparatur pemerintahan gampong yang ada di Aceh ini, semoga para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di gampong masing masing dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,”ujar Zulkifli.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa di Aceh dilaksanakan selama 2 (dua) bulan bertempat di delapan lokasi dan di ikuti sebanyak 7.552 Aparatur Gampong yang dibagi dalam 8 (delapan) angkatan.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT