Pangdam IM Hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Tanaman dan Peningkatan Produksi Padi TA 2024

Banda Aceh, JBA – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M. Tr., (Han) mengahadiri Rapat Koordinasi tentang Percepatan Tanaman dan Peningkatan Produksi Padi TA 2024 di Provinsi Aceh, di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Kamis, (21/03/24).

Dalam sambutannya Pangdam IM mengajak kepada seluruh peserta rapat untuk senatiasa memanjatkan Puji dan Syukur ke Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala Limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, karena pada hari ini kita dapat menghadiri Acara Rapat Koordinasi Percepatan Tanaman dan Peningkatan Produksi Padi TA 2024 di Provinsi Aceh, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Panglima mengungkapkan bahwa masalah pangan tidak hanya menjadi isu lokal, tetapi juga global. Dengan 58 Negara mengalami kelaparan serius dan sekitar 900 Juta penduduk dunia mengalami kelaparan, Indonesia sebagai Negara Agraris harus berperan aktif dalam menciptakan ketahanan pangan, karena 7-16 % penduduk Indonesia masih rentan kelaparan.

Lebih lanjut Pangdam IM menyampaikan bahwa tantangan alam seperti dampak Elnino juga menyebabkan pasokan pangan dalam negeri berkurang, harga pangan, barang pokok naik, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan sehingga produksi pertanian menurun, berpotensi memicu kenaikan tinggi inflasi.

“Begitu juga luas tanam padi mengalami penurunan pada tahun 2015-2019 dengan indeks 1.057.493 Ha, pada peroide Oktober 2023 – Februari 2024 telah terjadi penurunan indeks tanam menjadi 810.781 Ha atau sekitar 26,2 %. Oleh karena itu, upaya percepatan tanaman dan peningkatan produksi padi menjadi sangat penting”. Tutur Pangdam IM.

Panglima juga menyampaiakan bahwa Kodam Iskandar Muda bertekad untuk mendukung kegiatan Ketahanan Pangan secara optimal salah satunya melalui program Ketahanan Pangan Tanaman Jagung yang juga sempat ditinjau langsung oleh Menteri Pertanian RI sekaligus melaksanakan panen bersama. Hal ini merupakan langkah nyata Kodam Iskandar Muda dalam mengatasi permasalahan ketahanan pangan di wilayah di Provinsi Aceh.

“Untuk mencapai tujuan ini, saya ingin menekankan kepada para Dandim tentang pentingnya optimasi lahan dan pompanisasi. Melalui posko oplah dan pompanisasi serta koordinasi yang baik dengan pihak terkait, kita dapat memastikan bahwa sumber daya air dimanfaatkan secara efisien dan optimal”. Tambahnya.

Mayjen TNI Niko Fahrizal juga mengingatkan para Dandim untuk membuat laporan perkembangan pekerjaan secara berkala dan memastikan pengambilan dokumentasi yang memadai untuk memonitor Progres kegiatan.

Mengahiri sambutannya Pangdam IM menekankan pentingnya pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan akuntabel dalam pelaksanaan program optimasi lahan dan pompanisasi sebaik mungkin.

“Dengan kerja keras dan kerjasama kita semua, saya yakin kita dapat mencapai target Percepatan Tanaman dan Peningkatan Produksi Padi yang kita tetapkan. Mari bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan Ketahanan Pangan yang kokoh bagi masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya”. Tutup Pangdam IM

Hadir dalam acara rapat tersebut Pj. Gubernur Aceh, Staf Khusus Menteri Bidang Kebijakan Pertanian, Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Danrem 011/LW dan Danrem 012/TU, Aster Kasdam IM, Para Dandim Jajaran Kodam Iskandar Muda, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Direktur Serealia, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Kadistanbun Aceh, Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Cimanggis, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh, Kepala Dinas Pengairan Provinsi Aceh, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Dekan Fakultas Pertanian Syiah Kuala, Kepala Kanwil Bpn Provinsi Aceh, Kepala BPS Provinsi Aceh, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Aceh, Ketua KTNA Provinsi Aceh, Ketua Perhiptani Provinsi Aceh dan Para Kepala Dinas Dari Kab/Kota Provinsi Aceh.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT