Meriahkan Hari Infanteri ke-74 dan HUT ke-66 Kodam IM, RBA Gelar Long Ride Touring




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Infanteri ke 74 dan HUT ke 66 Kodam IM tahun 2022, Road Bike Aceh (RBA) akan melakukan touring jarak jauh dengan menempuh jarak 660 km, yang direncanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 22 Desember 2022.

Kegiatan bersepeda jarak jauh ini akan diikuti para punggawa Road Bike Aceh yang sudah terbiasa melahap rute jarak jauh. Menurut Ketua RBA Zaenal Abidin COTGOH, pihaknya telah menyiapkan 20 cyclist yang telah terbiasa melakukan bersepeda jarak jauh, bahkan beberapa orang dari mereka adalah para juara race Tour de Gayo 2022 yang baru-baru ini selesai diselenggarakan dengan sukses oleh Road Bike Aceh.

Gowes long ride ini rencananya akan dilepas dari Makodam I Bukit Barisan Medan pada Senin 19 Desember 2022 yang juga bertepatan dengan Hari Infanteri ke 74. Pada etape pertama jarak yang akan ditempuh pesepeda RBA ini adalah sejauh 165 km, dimana finish etape 1 di kota Langsa, Aceh Timur.

Selanjutnya di hari kedua, Selasa 20 Desember 2022 peserta touring akan dilepas menuju kota Juang Bireuen sejauh 223 km yang rencananya finish etape 2 beryempat di Pendopo Bupati Bireuen dan bermalam di kota yang pernah disinggahi Proklamator RI Bung Karno.

Pada hari ketiga Rabu 21 Desember 2022 para cyclist akan mendapat tantangan berupa rute menanjak menjelang finish dengan rute Bireuen – Puncak Saree Aceh Besar dengan jarak tempuh 160 km. Meskipun jarak tempuh lebih dekat dari etape 2 sebelumnya, tapi rute ini sangat menantang karena topografinya perpaduan antara rute flat diawal dan akan mendapat tanjakan dengan elevasi cukup tinggi sebelum mencapai titik finish etape 3 di kawasan Puncak Saree. Para pesepeda selanjutnya akan bermalam di kawasan dingin ini.

Keesokan harinya dilanjutkan etape terakhir atau etape 4 pada Kamis 22 Desember 2022 yang bertepatan dengan HUT ke 66 Kodam IM, direncanakan finish di Makodam Iskandar Muda Kota Banda Aceh. Etape terakhir ini tidak terlalu jauh hanya 60 km, dimana diharapkan sebelum jam 9 pagi sudah finish di Makodam IM.

Zaenal Abidin COTGOH berharap semoga seluruh peserta diberikan kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan gowes ini, dimana RBA sangat bangga bisa ikut memeriahkan HUT ke 66 Kodam IM.

“Semoga melalui kegiatan ini, TNI khususnya Kodam IM menyatu dengan rakyat Aceh dari Sabang sampai Kuala Simpang, dari Pulau Breuh sampai Subulussalam, karena TNI adalah Kita dan Kodam IM adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat Aceh, Sanggamara”, pungkas Zainal Abidin COTGOH mengakhiri keterangannya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT