Lanjut MoU dengan Batalyon 117/KY, Kemenag Aceh Besar Utus Penyuluh dan Penghulu jadi Khatib Jumat

Jantho, JBA – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar akan terus bekerjasama di bidang dakwah dengan cara mengutus khatib setiap Jumat ke Asrama Batalyon Infanteri 117/KY, Gampong Teurebeuh, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar.

Hal ini disepakati dalam pertemuan Hari Raya Iduladha 1445 H di Masjid al-Ikhlas, komplek militer tersebut, Jumat, 21 Juni 2024. Momen ini dihadiri Kasubbag TU Kankemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi, Kasi Bimas Islam, H Akhyar SAg MAg, serta Staf Seksi Bimas Islam M Nur dan Mukhlisuddin. Pihak Batalyon Infanteri 117/KY hadir Letda Kasyif serta bagian kerohanian masjid tersebut.

Kewajiban Kemenag Aceh Besar secara rutin setiap Jumat mengutus Penyuluh Agama Islam (PAI) untuk bertindak sebagai khatib dan pembinaan mental spritual bagi anggota tentara yang ada dalam asrama tersebut.

Sebelum ini, kerja sama telah berlangsung dengan tujuan akhir adalah agar tingkat pemahaman agama kedua belah pihak semangkin meningkat, sehingga terwujudnya abdi sipil negara (ASN) dan anggota TNI yang islami. Kemenag Aceh Besar juga beberapa kali telah membantu pengadaan Alquran dan buku metode Iqra serta kitab Injil bagi non muslim.

Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin SE terus mendorong para PAI dan penghulu untuk melakukan terobosan dan inovasi baru dalam melakukan penyuluhan, seperti menyuluh di barak meliter yang mungkin tidak tersentuh dan tentu memiliki metodologi khas dan unik.

“Mengingat mereka adalah anggota TNI yang memiliki jam tugas tidak sama seperti masyarakat biasa. Tentunya harus di sesuaikan,” tegasnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar, H Akhyar bertindak sebagai khatib dan imam di masjid yang mayoritas jemaahnya anggota TNI.

Khutbah yang berdurasi 20 menit itu, H Akhyar membahas tentang haji yang merupakan leding sektor. Kemenag terus melakukan inovasi agar pelayanan terhadap tamu Allah setiap tahunnya lebih meningkat.

“Insyallah semua jemaah haji terlayani dengan baik,” jelasnya dalam khutbah Jumat, 21 Juni 2024.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT