Komitmen Shabela Dukung Pencegahan Korupsi

Takengon – Jaringanberitaaceh.com – Melalui vidio conference (Vidcon), Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar menyampaikan komitmennya mendukung pencegahan Korupsi.

“Sesuai arahan Mendagri tadi, kami juga akan terus mensupport program KPK RI. Gubenur, bupati, dan wali kota diminta jangan ada lagi yang terjerat korupsi,” ungkap Shabela, Senin (24/01/22).

Kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia, Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menjelaskan faktor penyebab terjadinya korupsi, di antaranya masih ada sistem biaya politik yang tinggi, Rekruitmen ASN dengan imbalan, kurangnya integritas yaitu moralitas dan mentalitas, serta adanya budaya praktik menyimpang dalam organisasi. Korupsi dianggap hal biasa. Selanjutnya ada pertemuan secara fisik lebih berpotensi menimbulkan kerawanan korupsi.

Disampaikannya pula, tindak pidana korupsi yang dilakukan akan berdampak pada sistem pemerintahan. Publik tidak akan lagi mempercayai sistem pemerintahan yang dijalankan saat ini..

“Jika pemerintahan bersih, maka kita akan dapat mendongkrak kesejahteraan bagi rakyat, serta diperkirakan aset serta pendapatan pemerintah daerah juga dapat meningkat,” lanjut Menteri Tito.

Masih dalam Raker yang sama, Ketua KPK Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Firli Bahuri, M.Si menyampaikan banyak ruang yang dapat menjerat kepala daerah dalam korupsi.

Antara lain, reformasi birokrasi (rekruitment dan promosi jabatan). Pengadaan barang dan jasa. Sumbangan pihak ketiga. Recofusing dan realokasi anggaran Covid-19 untuk APBD dan APBN. Pengadaan jaring pengaman sosialsosial/ social safety NET untuk pemerintah pusat dan daerah. Pemulihan ekonomi nasional. Pengesahan RAPBD dan Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan Kepala Daerah (LPJKD).[Sumarsono]

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT