Ketua Pokjaluh Aceh jadi Khatib Jumat di Masjid Al-Hidayah Simeulue

Sinabang, JBA – Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Provinsi Aceh, Tgk. Ahyar M. Gade, MA dalam rangkaian even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 Tingkat Provensi Aceh di Kabupaten Simeulue berkesempatan menyampaikan khutbah di Masjid Al-Hidayah Desa Busung Indah Kecamatan Teupah Tengah Simeulue, Jumat (1/12/2023).

Dalam khutbah singkatnya yang berjudul ”menata hati menuju qalbun salim”, pelatih MTQ Kabupaten Pidie ini memaparkan beberapa jenis hati diantaranya Qalbun Salim, Qalbun Maridh dan Qalbun Mautun.

“Qalbun Salim adalah hati yang sejahtera, hati yang selalu dipancari Nur Ilahi. Sedangkan Qalbun Maridh adalah hati yang sedang sakit, shalatnya belum dijadikan sebagai kebutuhan”, jelasnya.

Lebih lanjut, Tgk. Ahyar menyampaikan bahwa Qalbun Mautun itu hati yang mati. Tanda-tanda hati telah mati diantaranya berani meninggalkan shalat, Al-Qur’an tidak lagi dijadikan sebagai pedoman hidup serta urusan agama tidak lagi jadi prioritas.

Tgk. Ahyar yang juga tercatat sebagai anggota LAKPESDAM NU Aceh dalam akhir khutbahnya berpesan kepada seluruh jama’ah agar selalu menjaga waktu shalat sebagai sarana menyucikan hati dan memperbanyak zikir/tadarus sebagai sarana untuk melembutkan jiwa.

“Tafakur dan mengingat kematian dan menjauhi angan-angan, juga bermuraqabah, selalu mendekatkan diri kepada Allah serta mengetahui/menyadari pintu-pintu masuk syaithan kedalam jiwa dan menutup jalan-jalannya karena bila hati telah mati, maka hati tersebut jauh dari pancaran Nur Ilahi”, ujarnya.

Sebagai informasi, Tgk. Ahyar M. Gade, MA akan menyampaikan Pengajian Tastafi dengan tema “Membangun Ukhwah Islamiyah Melalui Silaturrhami” yang diselenggarakan oleh YPI Dayah Bahjatul Ulum Al-Aziziyah Desa Air Dingin Kec. Simeulue Timur Kab. Simeulue pada Jum’at (Ba’da Isya), 24 November 2023.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT