Kemenag dan AGPAII Aceh Jaya Komitmen Majukan Pendidikan Agama Islam

Calang, JBA – Kemenag Aceh Jaya dan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Aceh Jaya berkomitmen untuk memajukan Pendidikan Agama Islam (PAI). Komitmen tersebut disampaikan dalam pertemuan antara jajaran Kemenag Aceh Jaya dan AGPAI, di aula SMK Calang, Aceh Jaya, Selasa, 15 Mei 2024.

Kakankemenag Aceh Jaya, H Amirullah mengajak AGPAII untuk menyamakan persepsi dan memberikan perhatian terhadap PAI di sekolah di bawah pemerintah daerah maupun madrasah.

“Mari bersatu padu, menyatukan persepsi, memberi perhatian terhadap pendidikan agama. Tentu ini adalah harapan kita semua dan masyarakat di Aceh Jaya, demi kemajuan pendidikan, dan Aceh Jaya semakin berjaya seperti namanya,” ucapnya didampingi Kasubbag TU Kankemenag Aceh Jaya, H Saifullah.

Dia melanjutkan, pihak Kemenag akan memberikan perhatian yang sama kepada seluruh guru PAI baik di madrasah maupun sekolah.

“Kita tak membedakan guru PAI yang ada di madrasah atau di sekolah umum, semua mendapatkan perhatian yang baik, seperti keikutsertaan pada PPG,” kata Amirullah.

Dia mengatakan, salah satu langkah Kemenag dalam upaya memajukan pendidikan Islam dan dalam upaya mengurangi angka buta huruf, Kemenag telah meluncurkan program Gerakan Tuntas Baca (GETBA) Al-Qur’an bagi siswa sekolah umum dan madrasah di beberapa kabupaten/kota.

Sementara itu, Ketua DPD AGPAII, Muhammad Safdy berharap kolaborasi dengan Kemenag semakin meningkat dan membutuhkan energi bersama untuk memajukan pendidikan.

Muhammad Safdy mengatakan selain mengajar di sekolah dan madrasah, guru PAI kerap melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan anggota.

“Semua kita persembahkan untuk perkembangan dan perubahan pendidikan, khususnya di bidang PAI,” katanya.

Ia mengatakan, ada sekitar 250 guru PAI di Aceh Jaya, sebagiannya telah meraih prestasi nasional dalam berbagai even PAI.

Dalam pertemuan tersebut juga dilangsungkan prosesi peusijuek (tepung tawar, red) untuk Kakankemenag Amirullah dan Kasubbag TU Kemenag Aceh Jaya Saifullah yang baru dilantik pada 7 Mei 2024.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT