Kemenag Aceh Ukur Arah Kiblat Masjid di Aceh Besar

Jantho, JBA – Ahli ilmu falak Kanwil Kemenag Aceh, yang juga Plt Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat, Dr H Al Firdaus Putra mengukur arah kiblat masjid Gampong Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Rabu, 13 September 2023.

“Bangun masjid baru harus ikut arah kiblat,” katanya.

Ia menambahkan salah satu fatwa Majelis Permusyawaratan ulama (MPU) bahwa setiap masjid baru yang dibangun maka hendaknya diukur kembali arah kiblatnya.

“Jangan hanya memadai masjid lama. Hal ini bertujuan agar tidak ada perdebatan tentang kevalidan arah kiblat sehingga masyarakat aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT,” jelasnya.

Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh terdiri Al firdaus Putra didampingi Zulfahmi dan Addin serta Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar tiba di Gampong Ladong sekitar pukul 09.00 WIB, yang disambut tokoh masyarakat dan aparat gampong.

Menurut Tgk Hadi salah seorang panitia pembangunan masjid, mereka sudah lama bercita-cita untuk mendirikan masjid baru, namun kali ini baru dapat dimulai karena keberadaan masjid ini sangat strategis, ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Mengingat tempatnya sangat strategis di pinggir jalan raya dan menghadap ke laut.

Panitia sangat berharap agar donatur dapat membantu pembangunan agar dapat segera difungsikan.

Sementara Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Besar, H Akhyar MAg berterima kasih kepada tim falakiyah atas bantuan dan ke depan insyaallah Kemenag Aceh Besar akan memiliki tim falakiyah tersendiri.

“Jadi bila ada yang membutuhkan untuk pengukuran arah kiblat dapat segera teratasi,” ujarnya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT