Heboh Desain Bangunan IKN Disindir ‘Nyontek’ Gedung Parlemen Canberra




Jakarta – Desain bangunan ibu kota negara (IKN) baru jadi gunjingan netizen di Twitter. Desain salah satu bangunan di IKN disebut-sebut ‘menyontek’ dan memiliki kemiripan dengan Gedung Parlemen Canberra di Australia.

Perbincangan netizen diawali dari komentar pemerhati tata kota Elisa Sutanudjaja lewat akun Twitternya @elisa_jkt. Wanita yang juga merupakan Direktur Rujak Center for Urban Studies itu menilai ada salah satu desain bangunan di IKN yang mirip dengan Gedung Parlemen di Canberra.

Elisa mengomentari unggahan beberapa informasi soal IKN dari Kementerian PUPR lewat akun resminya. Kementerian PUPR mengunggah informasi bentuknya berupa foto dengan sedikit tambahan informasi tertulis di dalamnya.

Foto-foto yang diunggah bagaikan menggambarkan bentuk dan suasana IKN. Dilihat detikcom, Selasa 10 Mei 2022, unggahan itu dikomentari Elisa dan disebut mirip dengan salah satu monumen gedung di Canberra.

Komentar Elisa disertai foto bentuk monumen yang ada di Gedung Parlemen Canberra. Dalam komentarnya itu disebut desain IKN ‘menyontek’ bangunan yang sudah ada.

Foto yang diunggah Elisa adalah bentuk monumen bendera di depan Parliament House yang ada di Capital Hill, Canberra, Australia. Bentuknya berupa monumen tiang bendera yang ditopang dengan 4 tiang.

Setiap tiang penopangnya bentuknya miring, sehingga kalau dilihat tiang penopang itu membentuk bentuk segitiga. Tentunya, di pucuk tiang ada bendera Australia berkibar.

Nah di salah satu foto yang diunggah Kementerian PUPR ada sebuah desain gedung besar yang di atapnya memiliki monumen mirip dengan tiang bendera di Gedung Parlemen Canberra. Dalam keterangan Kementerian PUPR gambar desain gedung itu disebut ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Ketika dikonfirmasi Elisa mengatakan dia hanya mengomentari secara iseng saja foto tersebut karena memang bentuknya mirip dengan Gedung Parlemen Canberra.

“Saya tidak tahu itu bagian IKN mana yang diambil. Saya cuma mengomentari saja secara sambil lalu. Bagian yang dimaksud adalah berkisah soal Bhinneka Tunggal Ika. Apalagi dalam keterangan menyebutkan ‘kearifan lokal’. Jadi makin lucu saja sih,” ujar Elisa.

Kementerian PUPR pun buka suara soal perbincangan desain gedung di IKN yang disebut menyontek. Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga menyatakan sejauh ini yang dia tahu memang belum ada desain gedung di IKN yang sudah siap.

Artinya foto bentuk bangunan yang jadi perbincangan tersebut belum tentu akan dibuat di IKN bangunannya. Menurutnya, desain semua bangunan masih dalam tahap sayembara.

“Setahu saya desain-desain gedung masih tahap sayembara,” ungkap Danis.

Dia mengungkapkan perihal gambar yang diunggah akun Kementerian PUPR itu hanyalah untuk ilustrasi pendukung informasi.

“Itu rasanya hanya ilustrasi terhadap pesan yang ada saja. Ya rasanya bukan (desain gedung yang akan digunakan),” ujar Danis.

Meski begitu, soal gambar yang diunggah Kementerian PUPR, sempat juga detikcom temukan di website resmi IKN. Di website IKN.go.id gambar gedung dengan aksen tiang bendera yang mirip dengan Gedung Parlemen Canberra juga muncul.

Sumberdetik.com
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT