Feri Komul Ajak Pemain Bola Aceh Dukung Aminullah Usman jadi DPR RI

Lhokseumawe, JBA – Feri Komul alias Fary Komul, pemain sepak bola profesional asal Lhokseumawe, Aceh, yang pernah membela tim Persiraja Banda Aceh.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu turut memberikan dukungan kepada Aminullah Usman, pembina Persiraja, yang maju sebagai caleg DPR RI dapil II Aceh dari Partai Amanat Nasional bernomor urut 4.

Ia menceritakan, begitu menyebut nama Aminullah Usman, publik lebih mengenalnya sebagai ‘Roberto Carlos Aceh’.

Wajar saja, karena mantan Wali Kota Banda Aceh ini dulunya merupakan seorang pemain sepakbola dengan kekuatan kaki kidalnya kerap menghadirkan petaka bagi pertahanan lawan saat aktif sebagai pemain. Gaya bermainnya mirip dengan legenda Brazil dan Real Madrid, Roberto Carlos.

Prestasi Aminullah sebagai pemain kemudian menular saat ia membina klub sepakbola profesional. Pada periode 1998 sampai dengan tahun 2000, Aminullah menjabat sebagai manajer Persiraja. Saat itu tim ‘Lantak Laju’ berlaga di kasta teratas sepakbola Indonesia (Sekarang Liga 1).

“Dulunya, tahun 90-an, Pak Amin pernah menjadi Ketua Umum dan Bendahara di PSLS Lhokseumawe,” sebut Fary Komul, Kamis (14/12/2023).

Selanjutnya saat Aminullah tidak lagi berada di jajaran pengurus ‘The Orange Force’ sempat turun kasta. Pada tahun 2006, Aminullah yang ditunjuk sebagai Ketua Harian berhasil membawa Persiraja promosi ke Divisi Utama karena sebelumnya sempat mengalami degradasi. Ia berhasil mengembalikan Persiraja ke habitatnya, sejajar dengan tim-tim besar lainnya seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung. Aminullah saat itu menunjuk Anwar sebagai pelatih didampingi Dahlan Jalil dan Zaim Merdeka sebagai Asisten Pelatih.

Kemudian pada 2009, dengan segala keterbatasan ia mampu membuat Persiraja bertahan.

“Pak Amin ini bukan sekedar tokoh ekonomi, dalam hal olahraga pun beliau punya segudang prestasi,” katanya.

Saat dirinya bermain bersama Persiraja, ia mengungkapkan, Putra kelahiran Seuradeuk, Woyla Aceh Barat 63 tahun yang lalu adalah sosok penting dibalik suksesnya Persiraja promosi ke Liga 1.

Aminullah menjadi sosok penting dari lahirnya Persiraja yang memiliki manajemen profesional dan mandiri. Dedikasi seorang Aminullah Usman untuk sepakbola sangat tinggi, sama dengan yang telah dilakukan H Dimurthala.

“Semua kita tahu kalau beliau rela mengorbankan segenap waktu, tenaga, pikiran dan bahkan hartanya untuk kemajuan Persiraja dan juga sepakbola Aceh,” kata Komul.

Seperti yang diketahui, banyak cara bagi Aminullah membangkitkan sepakbola. Salah-satunya dengan memberi kesejahteraan bagi pemain. Saat menjabat sebagai Dirut BPD, ia kerap berkeliling Aceh dengan tim sepakbola bank plat merah tersebut.

Saat itu, Aminullah memiliki program membuka 100 Cabang Pembantu di seluruh Aceh. Di setiap kunjungannya ke daerah, ia selalu bertanding sepakbola membela BPD menghadapi klub setempat. Selain bertanding, sebagai pembina sepakbola perhatiannya untuk klub-klub sepakbola luar biasa. Ia sering memberikan bantuan untuk klub-klub setempat, mulai dari kostum tim, bola dan peralatan latihan lainnya.

Saat bertanding ia memiliki tujuan untuk melihat talenta-talenta muda di seluruh pelosok Aceh. Tidak lupa, pelatih Anwar selalu diboyong agar bisa melihat bibit-bibit baru sepakbola Aceh tersebut.

Saat menemukan pemain muda potensial, ia langsung merekrut dan memberi pekerjaan menjadi karyawan BPD. Kebijakan Aminullah tersebut kemudian memantik semangat anak-anak di seluruh Bumi Iskandar Muda berlatih sepakbola. Anak-anak memenuhi lapangan di gampong-gampong bermain si kulit bundar. Karena bagi mereka, sepakbola memberi harapan masa depan yang menjanjikan, bisa meraih kesejahteraan, meningkatkan perekonomian keluarga.

Pemain sepakbola legendaris Aceh yang saat ini berkerja di Bank Aceh, PDAM, dan Pemerintahan seperti Dahlan Jalil, Tarmizi Rasyid, Irwansyah (almarhum), dan tak sedikit anak Aceh Utara dan Lhokseumawe dipekerjakan Bank kebanggaan masyarakat Aceh misalnya Zulkifli Daud, Iswandi, Suryadi Karembeu, Alia Grugok, Elmunizar, dan Breco Lhokseumawe.

Fary Komul pun mengajak kepada seluruh pecinta bola dan insan olahraga khususnya di daerah dapil II Aceh untuk mendukung Aminullah Usman yang diusung Partai PAN bernomor urut 4, ke Senayan dalam pemilu 2024.

“Beliau orang yang peduli dan punya sosial tinggi dan sudah terbukti. Dan Pak Amin sosok peduli olahraga yang membanggakan pantas kita dukung. Mari kita berikan dukungan dan doa agar Pak Amin sukses menjadi perwakilan Aceh di Gedung DPR RI di Jakarta,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT