Bumbu Pala, Penyedap Masakan Khas Aceh Selatan

Banda Aceh, JBA – Jika berkunjung ke Aceh Selatan maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner Pala. Hasil pertanian masyarakat Kota Naga yang selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Tanaman pala tidak hanya disuling menjadi minyak saja, buah pala adalah bagian dari rempah yang kerap digunakan sebagai bahan bumbu masakan untuk penyedap rasa.

Salah seorang masyarakat Aceh Selatan dan juga pengolah manisan pala, Eri, menceritakan pala adalah tanaman yang sangat melekat dengan kehidupan masyarakat di sana. Selain bernilai ekonomis juga digunakan sebagai bumbu dapur setiap rumah.

“Pala juga bagian dari rempah yang bisa dijadikan bumbu untuk bahan masakan,” kata Eri, Minggu 12 November 2023.

Eri menyebutkan, bagi masyarakat Aceh Selatan buah pala yang sudah dibelah kemudian digiling sampai halus agar menjadi bumbu masakan. Setelah itu bisa digunakan untuk memasak rendang, sop, bumbu bakso, semur ayam, dan steak ayam.

“Pala ini menjadi bagian dari bahan penyedap untuk menambah cita rasa. Daging itu kan agak amis dia, nah makanya kita kasih biji pala,” ujarnya.

Menurut Eri, masakan yang telah dicampur dengan bumbu pala tersebut akan mengeluarkan bau wangi dan sedap, menghangatkan, dan bikin makanan jadi lebih segar.

“Rasanya itu lebih khas, kuahnya lebih hangat, kayak sop kalau tidak pakai pala sepertinya agak layu,” ucapnya.

Karena itu, menurutnya, masyarakat Aceh Selatan itu rata-rata selalu memang menggunakan pala dalam setiap masakannya kecuali memasak ikan.

“Ini adalah produk unggulan kami, minyak pala itu diekspor, dan minyak pala kita terbaik di dunia,” pungkasnya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT