Rumah Zakat Bagi Air Kehidupan 30.000 Liter ke Lhoknga

Aceh Besar, 19/Agustus/2024 sampai 22 Agustus 2024 Rumah Zakat Aceh bersama dengan Para Relawan menyalurkan air bersih sebanyak 30.000 Liter kepada Warga yang sedang mengalami krisis air bersih karena kekeringan di kecamatan Lhoknga, Aceh besar.

Kondisi kekeringan berkepanjangan yang melanda warga membuat warga sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, dan kebutuhan lain nya. Tak hanya itu Dayah atau Pesantren yang berada di Lhoknga juga merasakan demikian, salah satunya *Dayah Lampoh Beut*. santri/Wati merasa kesulitan sekali mendapatkan air walau hanya untuk berwudhu.

Ustadz Yusuf Jamil, Selaku pemimpin Dayah menyampaikan bahwa kondisi kekeringan ini begitu menyulitkan bagi kami.
“kemarau terjadi ini terjadi sudah beberapa bulan lalu, dan cukup sering terjadi setiap tahun nya. Ini disebabkan bukan hanya kemarau kemungkinan letak daerah yang tidak ada mata air. Kondisi kekeringan ini begitu terasa dampaknya bagi kami, bahkan untuk berwudhu pun kadang kesulitan, sehingga kami dan para santri/wati pernah bertayamum untuk melakukan sholat”
Ujar Ustadz Yusuf ( 22 Agustus 2024 )

Bantuan air bersih ini merupakan kegiatan sosial kemanusiaan Rumah Zakat dalam upaya membantu masyarakat yang terkena dampak bencana. Bantuan ini disalurkan secara bertahap dan berlangsung beberapa hari dengan truk tangki bermuatan 5000 Liter, serta disalurkan secara langsung oleh para Relawan Rumah Zakat ke beberapa tempat yang sudah ditentukan, adapun penerima manfaat berdasarkan jumlah data penduduk yaitu 341 KK yang terdiri dari 1164 Jiwa.

Kedatangan kami disambut hangat oleh warga sekitar dan para ustadz/ah serta santri/Wati sebagai penerima manfaat.

Ustadz Yusuf Jamil Selaku pemimpin Dayah Lampoh Beut, Lhoknga Aceh Besar menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi yang telah Rumah Zakat berikan.

“Saya selaku pemimpin Dayah Lampoh Beut, Lhoknga, mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan yang telah Rumah Zakat berikan kepada kami dan warga sekitar, dengan bantuan ini kami dapat menggunakan air untuk kebutuhan kami, besar harapan Rumah Zakat semakin berjaya agar bisa terus menebar manfaat serta kebaikan” ujar beliau.

Rumah Zakat beserta Relawan juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang telah berpartisipasi atas kekeringan yang melanda Lhoknga, Aceh Besar.

Semoga dengan adanya bantuan ini, diharapkan warga Lhoknga yang terdampak dapat mengurangi sedikit situasi sulit yang tengah dialami.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT