Polda Aceh Tetap Komitmen Larang Pemudik Dari Luar Aceh

BANDA ACEH – Polda Aceh melalui Dirlantas Kombes Pol. Dicky Sondany, S. I. K., M. H, akan menerapkan secara konsisten untuk melarang warga dari luar Provinsi Aceh untuk mudik ke Aceh menjelang perayaan Idul Fitri 1441 H.

Keputusan ini berdasarkan hasil rapat Zoom Meeting dengan Menkpolhukam, Menko Maritim, Kasatgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 yang dihadiri oleh seluruh Pangdam, Kapolda, serta Kadishub seluruh Indonesia.

Dikatakan Dirlantas, kesimpulan rapat hari ini menyimpulkan kalau mudik tahun ini sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan terjadi serangan Covid-19 jilid-2 kepada masyarakat pasca lebaran, apalagi korban Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

“Untuk mengantisipasinya, maka mulai tanggal 21 Mei 2020 jam 10.00 wib, semua angkutan umum jenis apapun yang memasuki Aceh akan dipaksa putar balik kembali ke wilayah Sumut,” sebut Dirlantas.

“Sedangkan untuk penumpang kendaraan pribadi yang akan masuk wilayah Aceh akan dilakukan Rapid Test dan diminta surat keterangan bebas Covid-19. Apabila tidak ada surat keterangan, maka kendaraan tersebut juga akan diputar balik ke wilayah Sumut,” sambungnya.

“Kebijakan ini diambil mengingat penerapan Protokol Kesehatan di Aceh masih belum maksimal. Masyarakat masih banyak tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan tidak menerapkan Physical Distancing dalam kehidupan sosial. Ini sangat berbahaya dalam penyebaran Covid-19 di Aceh,” jelasnya.

“Dengan demikian, kami perintahkan kepada pemilik angkutan umum untuk tidak mengoperasionalkan lagi kendaraannya menuju ke Medan,” kata Dirlantas tegas.

“Untuk angkutan umum antar Kabupaten boleh beroperasional di Aceh, dengan syarat semua supir dan penumpang wajib menggunakan masker dan di setiap pos check point dan terminal akan dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas medis dari puskesmas,” jelasnya lebih lanjut.

Aceh belum termasuk zona merah, namun apabila arus mudik masuk ke Aceh tidak terkontrol, maka hal yang lebih buruk akan terjadi. Oleh karena itu, Dirlantas menghimbau supaya tahun ini jangan mudik bagi warga Aceh yang ada di luar.

“Daripada sudah capek-capek dari Medan, begitu tiba di perbatasan Aceh -Sumut akan diputar balik oleh petugas,” tandasnya. (Jba).

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

14 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/hukum/polda-aceh-tetap-komitmen-larang-pemudik-dari-luar-aceh/ […]

Komentar ditutup.