Satgas Cartenz Ajak Tokoh Masyarakat Suku Yali Hubla Jaga Kamtibmas

Yahukimo – Tim satgasres Binmas Operasi Damai Cartenz 2022 mengajak tokoh masyarakat suku Yali Hubla ikut serta dalam memelihara kamtibmas.

Hal tersebut disampaikan Katim Satgasres Binmas Ops Damai Cartenz Iptu Joni Linggi saat mengunjungi salah satu Tokoh Suku Yali Hubla, Ebenius Amohoso di Perumahan Pemda Lama, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa, 31 Mei 2022.

Dalam kesempatan itu Joni menyampaikan, Satgas Binmas merupakan kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan, dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan perundang-undangan serta norma-norma sosial.

Selain itu, sambung Joni, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam menciptakan, memelihara, serta meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa yang dapat berperan sebagaimana ketentuan yang ada.

Kamtibmas sendiri, jelas dia, suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan dalam rangka tercapainnya satu tujuan yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman.

Oleh karena itu, Joni mengajak tokoh Suku Yali Hubla sebagai mitra untuk sama-sama mendukung agar terciptanya kqmtibmas yang kondusif.

“Ada beberapa hal yang perlu dukungan masyarakat agar terwujud kamtibmas yang kondusif, di antaranya adalah dengan memberikan informasi kondisi kamtibmas yang terjadi di wilayahnya kepada aparat penegak hukum, aktifkan kembali siskamling, mengaktifkan kembali gerakan sadar hukum di masyarakat, meningkatkan kerja sama dan komunikasi antara masyarakat dengan aparat TNI/ Polri di tingkat desa sebagai antisipasi gangguan kamtibmas sekaligus mencari solusinya,” kata Joni.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT