Momen HAB ke-76, Iqbal Sebut Kemenag Telah Berkiprah untuk Bangsa




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh gelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama RI, di halaman kantor setempat, Banda Aceh, Senin (3/1/2021).

Pembina uapacar, Nova Irianysah mengatakan Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan, dan menjaga pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut, kata Nova, dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

“Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi, dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi,” kata Nova.

Kemudian menurut Nova, dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag juga mampu mempertahankan prestasinya. Kemenag kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020.

“Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak 2016. Kita semua memahami, prestasi yang telah dicapai oleh Kemenag merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kemenag serta saudara sekalian,” ungkapnya.

“Terima kasih kepada segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus, menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kemenag,” pungkasnya.

Nova menjelaskan, sebagai bentuk ucapan terima kasih, Kemenag telah mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kemenag dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. Sementara itu, sebanyak 8 ASN Kanwil Kemenag Aceh ikut menerima penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah, bapak presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada HAB ke-76 ini, atas nama bapak presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kemenag,” ujar Nova.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan sejak dilahirkan, Kemenag telah menunjukkan kiprahnya dalam membangun bangsa.

“Pada usianya yang sudah sangat tua tentu Kemenag sudah banyak berkontribusi untuk bangsa. Tentunya ke depan Kemenag akan lebih berkiprah untuk membangun umat yang tadi disebut dengan tranformasi layanan,” katanya.

Dalam rangka menyemarakkan HAB ke-76, Kanwil Kemenag Aceh menggelar serangkaian acara seperti, bakti sosial di sejumlah masjid, olahraga gembira, kreasi menghias tumpeng bagi Dharma Wanita Persatuan, santunan yatim piatu, upacara, donor darah, dan malam Anugerah Kakanwil Award 2021.

Kegiatan ini turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh dan DWP Kanwil Kemenag Aceh. (*)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT