Menembus Pedalaman Aceh Utara, TMMD Berikan Senyuman untuk Warga




Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Desa Gunci Gampong Blang mane adalah sebuah sebuah Desa yang terletak jauh di pedalaman Kabupaten Aceh Utara Prov Aceh,dimana sebagian besar masyarakatnya mendapatkan penghasilan dari buruh tani dan berkebun.

Namun untuk menuju perkebunan, masyarakat di sekitar harus berjalan kaki selama -+ 3 jam perjalanan dan mendaki perbukitan,tak hanya itu bahkan ada sebagian juga masyarakat yang memilih untuk tinggal di
Perkebunan mereka,sebab akses jalan dari desa menuju perkebunan sangatlah jauh.

Akan tetapi Sebentar lagi impian warga Desa Gunci terkabulkan dengan dibangunnya jalan sepanjang 3700 meter yang dilakukan secara bergotong royong antara personel Satuan Tugas TMMD Imbangan Kodim 0103/Aut dan masyarakat untuk membuka akses jalan tersebut, nampak antusias dan penuh semangat dilakukan oleh personel TNI dan warga guna mewujudkan harapan untuk menikmati kemudahan akses jalan.

Salah seorang Warga Desa Gunci Gampong Blang mane Sayuti 47 tahun bersama keluarganya bisa tersenyum sebab jalan yang dimana sering ia lewati berjalan kaki bersma keluarga sedang di Bangun Oleh Prajurit TNI Kodim 0103/Aut dalam program TMMD Imbangan Ke 113, dimana nantinya jalan tersebut akan sangat bermanfaat untuk transportasi menjual hasil kebun kami. khususnya Warga Desa Gunci Gampong Blang mane.

“Alhamdulillah kini kami akan mempunyai jalan yang lebih bagus yang bisa dilewati kendaraan untuk kami berkebun dan menjual hasil perkebunan kami,Kegiatan TMMD ini akan menjadi kenangan terindah yang dapat dirasakan bagi masyarakat
“,ungkap Sayuti saat bersama Anggota TNI yang sedang melaksanakan pengerjaan Jalan Blang Manae – Seuneubok Pidie, Kamis, (13/05/2022).

Saat melaksanakan Meninjauan Komandan Kodim 0103/Aut Letkol Arm Oke Kistiyanto S. A.P., Menyampaikan bahwa Pelaksanaan TMMD imbangan ke 113 Kodim 0103/Aut dilakukan mulai 11 Mei hingga 10 Juni 2022, serta melibatkan Polri dan masyarakat. Bukan hanya pembangunan fisik tapi ada juga non fisik.

Pembangunan Partisipatif Kerjasama secara guyub TNI dan masyarakat dalam pembangunan sasaran fisik dan non fisik di Desa Gunci Gampong Blang mane Kecamatan Paya Bakong dengan satu harapan, yakni keberhasilan,serta melibatkan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara selaku mitra kerja.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat harus selalu ditumbuhkembangkan dan dimantapkan secara terus menerus.Salah satunya kegiatan operasi bhakti TNI yang langsung menyentuh kebutuhan hidup masyarakat.

Sebanyak 30 orang warga di kawasan tersebut bergabung bersama satgas TNI sebanyak 120 orang personel untuk pembangunan jalan dan Rumah RTLH.

“Anggota Satgas akan sangat bekerja keras selama sebulan kedepan. Tapi itu merupakan bentuk pengabdian kita kepada negeri, dan turun langsung untuk menuntaskan apa yang menjadi kesulitan warga,” kata Dandim.

Berharap semua pengabdian prajurit ini dapat di jaga dan dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya di warga Desa Gunci Gampong Blang mane.

Keberhasilan pembangunan tidak lepas dari adanya komunikasi pembangunan. Komunikasi menjadi salah satu sarana yang sangat penting dalam menjaga interaksi dan hubungan antara masyarakat dengan lingkungan sosial maupun masyarakat dengan TNI.

Pada akhirnya integrasi dan sinergi atau kemanunggalan TNI dengan rakyat akan semakin kuat dan tangguh. Terwujudnya ini akan menjadikan elemen kunci bagi suksesnya pembinaan teritorial dan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ketahanan wilayah.

Hal itu mendapatkan apresiasi dari warga setempat. Dengan antusias warga berbondong-bondong mengunjungi lokasi, untuk melihat sekaligus menikmati langsung jalan yang dibangun oleh Satgas TMMD Imbangan ke-113 Kodim 0103/Aut. Pungkas Letkol Oke.

Salah satunya adalah Sayuti warga Desa Gunci Gampong Blang Mane, ia bersama anaknya datang langsung melihat kondisi jalan yang tadinya belum ada menjadi ada.

“Perasaannya senang sekali, ini sudah lama menjadi impian kami warga disini. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan TMMD, kami tidak lagi lewat jalan yang sulit apa lagi kalau sudah hujan rintangan dalam perjalanan semakin berat. Kami warga disini sangat bersyukur sekali dan mengucapkan terimakasih kepada TNI,” kata Sayuti saat melintas di Lokasi pembangunan jalan.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib memberikan apresiasi atas semangat dan kerja keras Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-113 Kodim 0103/Aut yang sedang melakukan pembangunan sasaran fisik dan non fisik.

“Saya turut bangga mengapresiasi sebesar- besarnya dimana tugas ini apabila dikerjakan oleh pemborong tidak akan selesai dalam waktu satu bulan,” kata H. Muhammad Thaib. Dia mengungkapkan bahwa berkat kerja teman – teman TNI/Polri di lapangan, maka pembangunan badan jalan. Program TMMD ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT