Kepala KUA Krueng Barona Jaya Terima Mahasiswa Praktik UIN Ar-Raniry




Jantho, Jaringanberitaaceh.com. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Ustaz Ikhram, S.S., M.Pd., menerima mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, di aula KUA setempat, Rabu (10/11/2021) pagi.

Ustaz Ikhram meminta mahasiswa PKL berpakaian rapi dan syar’i, serta ramah saat menerima masyarakat yang membutuhkan layanan KUA.

Ia mengingatkan, di KUA menangani berbagai tupoksi keagamaan seperti zakat, wakaf, produk halal dan lainnya.

“Namun yang lebih dikenal oleh masyarakat perkara nikah dan rujuk,” tegas Ustaz Ikhram, yang juga Pimpinan Pesantren Modern Al-Manar.

Kehadiran adik-adik, harap Ustaz Ikhram, harus bisa dan mampu menyelesaikan masalah jika suatu saat menjadi Abdi Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) yang ditempatkan di KUA.

Penghulu Madya, Ustaz Akhyar, S.Ag., M.A., beharap adik-adik mahasiswa bisa mempromosikan keahlian dan keterampilan dari sisi psikologi, agar problematika suami dan istri yang konsultasi ke KUA dapat teratasi.

Menurutnya, dari sisi psikologi bisa dibaca karakter orang lain, yang mungkin adek-adek mahasiswa mampu melakukannya.

“Jadi bisa melayani masyarakat dan mendampingi kami dalam memahami psikologi orang lain,” pinta Ustaz Akhyar.

Ia mengisahkan, di KUA banyak sekali menangani masalah keluarga dan pertengkaran antara suami dengan istri. Mereka datang ke KUA dalam keadaan emosi, dan itu sangat sulit memberikan bimbingan.

“Jadi kalau sudah datang ke KUA, pilihan dua, cerai atau masih bertahan dalam rumah tangga,” jelas Ustaz Akhyar.

Sementra Dosen Pendamping, Dr. Muhibuddin saat serah terima mahasiswa PKL berharap mahasiswa bisa menyesuiakan diri dengan KUA. Jangan hanya mengharap nilai praktik, tapi lebih dari itu, ada penambahan ilmu tentang keagamaan, khususnya ilmu kekeluargaan dan kaitanya. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT