Isi Kajian Penyuluh Agama, Dr Tarmizi M Daud Bahas Keutamaan Azan




 

Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ), Dr Tgk Tarmizi M Daud SAg MAg menyebutkan ada tiga kelompok manusia yang akan bebas dari azab kubur, yaitu orang syahid, muslim yang selalu azan, dan orang yang meninggal pada hari atau malam Jumat.

“Ini menandakan ada kelebihan azan,” kata Tgk Tarmizi M Daud saat kajian rutin penyuluh agama, di KUA setempat, Aceh Besar, Rabu (5/1/2022).

Selain itu, orang yang mendapatkan naungan arash pada hari kiamat yaitu pemimpin adil, muazin yang selalu menjaga azan, serta orang membaca Quran sehari 200 ayat.

Tgk Tarmizi menjelaskan, muslim yang mengumandangkan azan setiap hendak salat, dalam kurun waktu tujuh tahun, maka Allah mencatat baginya bebas dari api neraka. Sedangkan orang yang azan dua belas tahun setiap hendak salat, maka ia berhak mendapatkan surga.

“Karenanya, azan itu penting, selain maksudnya untuk panggilan salat, juga mengandung nilai tauhid,” tegas Tgk Tarmizi M Daud.

Perempuan, kata Tgk Tarmizi, juga boleh azan, tapi sesama perempuan. Penjelasan tersebut berdasarkan narasi kitab Syarah Tanqihul Qaul fi Syarah Lubabil Hadits, karya Syekh Nawawi al-Bantani. (Red)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT