DPP IKAN Gelar Pelatihan Konselor Sebaya bagi Siswa SMA dan SMK




 

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dewan Pimpinan Pusat Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (DPP IKAN) mengadakan Pelatihan dan Pendidikan Dasar Konselor Sebaya bagi Peserta Didik dalam Upaya Pencegahan Dini terhadap Bahaya Narkoba, yang diikuti siswa dan siswi SMA/SMK dari Kota Banda Aceh, di Banda Aceh, Rabu (13/10/2021).

Ketua DPP IKAN, Syahrul Maulidi, SE., M.Si. mengatakan pelatihan ini perdana digelar di Aceh, dan berlangsung sejak 13 sampai dengan 15 Oktober 2021. Tujuannya memberikan pemahaman dan menciptakan ketarampilan bagi konselor sebaya, sehingga dapat melakukan pencegahan dini, jika ada teman dan keluarga yang terpengaruh penyalahgunaan narkoba.

“Maka sangat penting adik-adik ikuti. Karena ilmu ini jarang didapatkan di tempat lain,” jelas Syahrul Maulidi dalam sambutannya.

Kegiatan ini, tegas Syahrul, terlaksana atas kerja sama DPP IKAN dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, dan didukung anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Darwati A Gani.

Ke depan, IKAN akan koordinasi intensif dengan pihak terkait, seperti Disdik Aceh untuk kelanjutan kegiatan serupa, dalam rangka menjaga siswa dari ancaman narkoba.

Sementara itu, Kadisdik Aceh, yang diwakili Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, T. Fahriyal, S.Sos, M.Si. mangatakan narkoba bukan hanya ada di sekeliling kita, di Aceh. Tapi hampir seluruh daerah ada narkoba. Karenanya, perlu upaya perlindungan diri dari kejahatan narkoba.

“Harapannya, ke depan IKAN bisa melanjutkan program ini, terutama pencegahan narkoba di kalangan siswa,” pinta T. Fahriyal.

Kehadiran IKAN sangat urgen sebagai benteng, yang selalu mengajak masyarakat untuk memerangi narkoba. Karena generasi kita sangat mudah terpengaruh dengan benda haram itu.

“Jangan sekali-kali terlibat narkoba. Jangan dengar ajakan kawan ke hal negatif. Terus belajar biar sukses di masa depan,” tegasnya.

Menurutnya, semua orang tua pasti was-was jika anaknya terlibat narkoba, sebab bisa mengancam keluarga, baik orang tua, adik, dan yang lainnya.

Pada akhir sambutan, ia meminta peserta serius ikut kegiatan ini, agar dapat ilmunya, dan dapat menambah sumber daya manusia (SDM). Sehingga, peserta hari ini bisa jadi corong di sekolah untuk pencegahan narkoba.

Pemateri yang dihadirkan Sekretaris DPP IKAN, Tathi Yunis yang memberikan materi dengan tema “Urgensi Pelatihan Konselor Sebaya bagi Peserta Didik dalam Upaya Pencegahan Dini Bahaya Narkoba”. Selanjutnya, Bro Doni dengan konsep materi orientasi dan traning, dan Ketua Umum DPP IKAN, Syahrul Maulidi yang akan memaparkan bahaya penyalahgunaan narkoba dan perkenalan profil IKAN. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT