Ambulance LDS Milik Seluruh Masyarakat Dewantara dan Stanby 24 Jam

Aceh Utara – Sejak diserahterimakan pada tanggal 5 Januari yang lalu, sarana pelayanan kesehatan berupa satu unit ambulance yang diserahkan oleh PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) kepada Lembaga Dewantara Sehat (LDS) terus aktif melayani masyarakat khususnya untuk mengantar orang sakit.

Sejauh ini tercatat, ambulance tersebut telah mengantar sebanyak 73 orang sakit (Dewantara.red) ke berbagai pusat layanan kesehatan seperti RS Arun, RSU PIM, RSUD Zainal Abidin dan lain-lain.

Hal tersebut diungkapkan Humas Lembaga Dewantara Sehat, Marzuki H Ahmad Cut dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/04/2021).

Marzuki menyebutkan, berdasarkan catatan yang dimiliki LDS, pengguna layanan ambulance terbanyak adalah Gampong Keude Kruenggeukueh dengan total 14 kali pengantaran. Hal tersebut dianggap wajar, karena jumlah penduduk di Gampong tersebut lebih banyak, apalagi sebagai Ibu Kota Kecamatan.

Selanjutnya, Bangka Jaya sudah pernah diantar sebanyak 10 pasien, Paloh Lada 8, Tambon Tunong 8, Uteun Geulinggang 8, Lancang Barat 5, Geulumpang Sulu Barat 3, Geulumpang Sulu Timur 3, Ule Pulo 3, Bluka Teubai 1, Paloh Igeuh 1, Ule Reuleng 1 dan Paloh Gadeng 1 orang. Sedangkan Pulo Rungkom masih nihil.

Adapun mekanismenya, jelas Marzuki, terlebih dahulu pasien atau keluarga menghubungi LDS Emergency Call ke nomor; 0853 7115 0207, 0852 7088 1045 atau 0823 7363 9838 yang siap melayani 24 jam.

“Mereka cukup menghubungi nomor kontak LDS yang telah disebar ke seluruh gampong dalam Kecamatan Dewantara. Proses antar jemput pasien dilayani 24 jam, bahkan tengah malam pun LDS siap,” sebut Marzuki.

Saat ini, lanjutnya, LDS sendiri belum memiliki kantor resmi dan untuk sementara masih menggunakan rumah dinas Camat Dewantara.

Namun, khusus mobil ambulance distanbykan di rumah Ketua LDS untuk alasan kecepatan dalam bergerak bila ada permintaan di tengah malam. Selain itu juga untuk menghemat biaya operasional, karena penggunaan ambulance LDS gratis.

“Ambulancenya memang diparkir di rumah Ketua LDS dan itu berdasarkan hasil musyawarah pengurus. Apalagi selama ini, dia yang bersedia jadi supir untuk mengantar pasien kapan pun dibutuhkan,” ucap Marzuki menerangkan.

Berkaitan dengan kepengurasan LDS, Marzuki juga menjelaskan, bahwa pengurus terdiri para Ketua OKP, Ormas, serta Profesionalisme di bidangnya tingkat kecamatan.

“Penunjukan kepengurusan tersebut sesuai dengan kesepakatan PT PIM selaku pemberi ambulance dan Muspika Dewantara serta bukan direkrut dari setiap gampong,” jelasnya.

Sejumlah tokoh, seperti Wakil Bupati Aceh Utara, Keuchik Paloh Lada, Keuchik Uteun Geulinggang dan Keuchik Keude Krunggeukueh juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan LDS selama ini. Mereka bahkan pernah memberikan bantuan untuk kelancaran kegiatan LDS yang sangat mulia tersebut.

Oleh karena itu, mewakili LDS, Marzuki mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder di Dewantara agar kegiatan sosial ini dapat terus terlaksana.

“Semoga aset yang sudah ada berupa satu unit ambulance itu bisa kami kelola dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat Dewantara dan mudah-mudahan ke depan armada kita dapat bertambah lagi,” pungkas Marzuki penuh harap. Red.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

23 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you will find 87935 additional Information on that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  7. … [Trackback]

    […] Read More Information here on that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

  8. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/ambulance-lds-milik-seluruh-masyarakat-dewantara-dan-stanby-24-jam/ […]

Komentar ditutup.