Plt Kakanwil Resmikan Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji di Singkil

Plt Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh Ahmad Yani SPdI meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, Senin (20 Februari 2023).

Dalam sambutan dan arahan saat peresmian gedung KUA baru dengan dengan dana Surat Berharga Syarih Negara (SBSN) 2022 ini, Ahmad Yani berpesan pada jajaran Kemenag, terutama KUA pada khususnya agar terus berkoordinasi dengan berbagai mitra untuk majukan institusi dan tingkatkan layanan.

“Kami mohon pimpinan dan jajaran bisa menyusun langkah-langkah peningkatan layanan, lalu lanjutkan dengan silaturahim dan kerjasama dengan unsur dan elemen lainnya,” ajak Plt Kakanwil dalam rangkaian kerja ke Bumi Syekh Abdurrauf ini.

Beramah tamahlah dengan masyarakat, ajaknya, untuk membangun kemitraan dengan masyarakat.

Selain sampaikan tugas pokok KUA, Plt Kakanwil mengajak kembali jajaran agar jangan pernah lakukan pungli dan korupsi.

“Berikan informasi yang edukatif dan yang membimbing bagi masyarakat. Juga soal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih),” imbuhnya sebelum meresmikan dan meninjau tiap ruangan kantor.

Terkait tahun politik, ajak Ahmad Yani, agar jajaran Kemenag tidak menjadikan tempat ibadah sebagai ajang politik praktis.

“Agar tahun 2023 menjadi tahun kerukunan, sebagaimana arahan Menag RI,” ajaknya setelah laporan Kakankemenag Singkil H Saifuddin SE.

Hadir dalam acara di Singkohor ini juga Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Zulkifli SAg MPd, Kabid Urusan Agama Islam (Urais) dan jajaran.

Juga ikut hadir jajaran Kankemenag Kota Subulussalam bersama Kakan H Marwan Z SAg MM.

Bersama unsur Fokopimda dan Muspika, hadir ke lokasi acara di depan masjid setempat, jajaran Kankemenag Aceh Singkil.

Hadir pula Plt Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag  Aceh, Riza Evarianti Ny Ahmad Yani dan jajaran bersama Pengurus DWP Kankemenag Singkil.

Jajaran DWP akan menggelar acara temu ramah dengan jajaran DWP Kemenag  Aceh Singkil. Tim Kanwil dan Kakankemenag lanjutkan kegiatan di Kankemenag, hingga ke kepulauan terluar, Pulau Banyak.

Setelah meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, Plt Kakanwil didampingi Kakankemenag dan para Kabid meninjau MIS Dinul Islam Singkohor, untuk menjajaki penegerian dan pembangunan bangunan tambahan.

Sementara dalam laporannya, saat peresmian KUA, Kakankemenag sampaikan dinamika warga dan peningkatan perhatian masyarakat bagi pembangunan keagamaan.

Ada 10 persil tanah yang didapatkan dari berbagai sumber. Demikian laporannya. 

Katanya, “Juga akan disusul dengan pembangunan dengan mekanisme SBSN,” ujarnya.

Kakankemenag sampaikan bahwa di Singkil ada 11 Kecamatan. 

Selama di Singkil kita telah bekerja sama dengan berbagai pihak. 

“Alhamdulillah mendapat tanah hibah seperti lokasi KUA Singkohor,” sebutnya di depan jajaran dan undangan, bersama Kepala KUA Khairudin SAg. 

Hadir mewakili Pemkab Singkil dari Muspika Plus setempat. 

Acara yang bersahaja ini dipadukan dengan sesi pantun berpantun

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT