Jumat Istimewa di Pulo Nasi, Seluruh Masjid Diisi Khatib dari Kemenag Aceh Besar




Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-77, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar mengirimkan tim khatib dan imam pada pelaksanaan ibadah Jumat di enam masjid yang ada di Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Jumat, 23 Desember 2022.

Adapun tim safari Jumat yang mengabdi di Masjid Baitul Falah Pasi Janeng menjadi khatib H Salman SPd MAg dan imam H Asnawi Lc. Masjid Al Ikhlas Mukim Alue Riyeung yang jadi khatib H Akhyar SAg MAg dan imam Tgk Mustamir SAg. Masjid Al Furqan Sergun Alue Riyeung menjadi khatib Drs Tgk Suriadinata dan imam Drs Tgk Muchlis. Masjid Nurul Huda Deudap yang jadi Khatib Dr Tgk Tarmizi M Daud MAg dan imam Tgk Mahdi SAg MPd. Masjid Nurul Islam Lamteng yang jadi khatib Tgk Mukam Zahri SAg dan imam Tgk Ahmad Sumandy. Masjid Babuttaqwa Rabo yang jadi khatib Tgk Darmizi SAg dan imam H Khalid Wardana SAg MSi.

Kemenag Aceh Besar juga mengirim tim safari subuh dari unsur penyuluh agama dan penghulu pada Sabtu subuh, 24 Desember 2022 ke berbagai masjid dan meunasah yang ada di Pulo Nasi.

Sebelumnya, Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Besar, H Salman Arifin, pada Kamis, 22 Desember 2022 di Masjid Jamik Babussalam Lamteungoh, Kecamatan Ingin Jaya mencanangkan aksi pembersihan masjid dan melepas peserta aksi bakti sosial ke Pulo Aceh.

Kegiatan gotong royong dan pembersihan Masjid Lamteungoh diikuti ratusan ASN Kemenag yang dikoordinir penyuluh agama islam dan menjadi kegiatan pembuka aksi bakti sosial dalam rangka HAB Kemenag RI ke-77.

Dalam arahannya, H Salman menyampaikan aksi bersih masjid merupakan perbuatan sangat mulia dan harus di budayakan dalam masyarakat dan aparatur pemerintahan. Kegiatan pembersihan masjid tidak hanya berdimensi ibadah, tetapi sebagai perwujudan kesalehan sosial untuk menjaga dan memakmurkan rumah Allah.

H Salman mengajak seluruh ASN Kemenag agar menjadi garda terdepan dalam memakmurkan dan menjaga kebersihan rumah ibadah, apalagi dengan potensi penyuluh agama yang ada di setiap kecamatan harus mampu mengajak masyarakat menghidupkan syiar keagamaan, budaya hidup bersih, dan menjaga lingkungan.

Menurut Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi didampingi ketua panitia HAB ke-77 H Akhyar SAg MAg mengatakan Kemenag Aceh Besar menggelar berbagai aksi bakti sosial untuk menyemarakkan hari ulang tahun Kemenag yang diperingati setiap 3 Januari. Tahun ini lebih meriah dan kegiatannya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dimulai dengan aksi pembersihan masjid dan akan berlanjut di sejumlah masjid lainnya di Aceh Besar.

Terkait aksi sosial di Pulo Aceh akan berlangsung mulai Jumat dan Sabtu, 23-24 Desember 2022 dipusatkan di Pulo Nasi dengan mengirimkan puluhan ASN Kemenag untuk melaksanakan safari khutbah Jumat, safari subuh, santunan anak yatim, fakir miskin dan lansia, pelatihan tajhiz mayat dan program saweu madrasah kawasan terluar.

“Kemenag Aceh Besar memberikan perhatian yang sangat istimewa untuk masyarakat di Kecamatan Pulo Aceh, sebagai salah satu daerah terpencil, terdepan, dan terluar yang ada di Indonesia. Tahun 2022 telah tiga kali melakukan aksi bakti sosial di Pulo Aceh, yaitu Maret 2022 di Pulo Nasi, Agustus 2022 di Pulo Breuh dan Desember 2022 di Pulo Nasi,” ungkap H Khalid Wardana, di Aceh Besar, 23 Desember 2022.

Sedangkan kegiatan lainnya yang di gelar dalam rangkaian HAB ke-77 meliputi donor darah, penggalangan donasi bencana alam, apresiasi untuk siswa dan ASN berprestasi, sehingga kegiatan HAB tahun ini menjadi yang terbesar yang pernah dilaksanakan, terutama dengan aksi sosial di pulau terluar dan terpencil.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT