Disdik Dayah Banda Aceh akan Latih Kompetensi Pengelolaan Sidara




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan pelatihan Sistem Informasi Dayah (Sidara) bagi santri dan guru dayah, dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi Kecamatan Meuraxa pada tanggal 16-17 Nopember 2022 mendatang.

Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Data Base Dayah Terintegrasi”, menghadirkan dua narasumber yang profesional di bidangnya, baik yang berasal dari praktisi IT, maupun pejabat Diskominfotik Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad SSos MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, dalam rangka menyahuti proses akreditasi dayah tahun 2022 dan melakukan persiapan akreditasi dayah tahun 2023, di mana salah satu instrumennya adalah pemenuhan Sistem Informasi Dayah (Sidara).

“Apalagi dengan derasnya arus globalisasi, sudah seharusnya santri dan guru dayah memamfaat teknologi informatika dalam proses pembelajaran dan menyampaikan berita positif seputar kemajuan dayah di Kota Banda Aceh.

Lebih lanjut, Muhammad mengatakan santri dan guru dayah, khususnya operator Sidara nantinya akan terbiasa dengan tradisi pemamfaatan teknologi dalam proses pembelajaran di dayah.

Sementara Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif SHI MH mengatakan peserta pelatihan ini diikuti 50 orang yang berasal dari santri dan guru dayah, khususnya operator Sidara di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Sebagaimana dipahami, sejak 2018 Disdik Dayah Banda Aceh telah mengembangkan aplikasi Sidara dan website pada masing-masing dayah yang telah teregister pada Disdik Dayah.

Setiap tahunnya operator Sidara dilatih cara pengunaan aplikasi tersebut. Apalagi saat ini aplikasi Sidara sedang dikembangkan penambahan fitur untuk publiskasi Rencana Pembelajaran Santri (RPS).

“Ini memudahkan tim asesor akreditasi ke depan dalam melakukan penilaian akreditasi dayah,” jelasnya.

Ia menegaskan, operator yang konsisten dalam mempublikasi dayah, tiap tahunnya Disdik Dayah memberikan bonus sesuai kemampuan daerah dan tradisi ini sudah berlangsung sejak Disdik Dayah Banda Aceh terbentuk. Sebagai informasi tambahan, aplikasi Sidara merupakan kanal resmi publikasi dayah di Banda Aceh meliputi; data santri, jumlah guru, sapras pendukung, prestasi santri dan guru, biografi pimpinan dayah serta data yang dibutuhkan lainnya yang bisa diakses secara online oleh masyarakat. Ini bagian dari ikhtiar Disdik Dayah Banda Aceh dalam memajukan dayah.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT