Chairul Azman: 3 Fungsi Pemimpin dalam Rumah Tangga

Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Pemimpin rumah tangga memikul beban besar yang harus dijalankan sesuai pesan agama.

“Paling tidak, ada tiga fungsi pimpinan keluarga,” ujar Drs Chairul Azman BK saat khutbah nikah pasangan Mawardi bin Rustam dengan Nazariati binti Jakfar Ibrahim, di Masjid Babussalam, Lam Ujong, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Jumat, 24 Februari 2023.

Fungsi pertama, jelas Chairul Azman, mengarahkan istri ke jalan yang diridai Allah. Perintah ini sudah final. Rasulullah dan para ulama selalu mengingatkan agar para suami mengajarkan agama pada istri untuk kepentingan dunia dan akirat.

“Banyak cara meraih keridaan Allah, di antaranya taat pada suami tanpa mengabaikan ketaatan pada Allah,” tegasnya.

Kedua, menggauli istri secara makruf dan memperlakukannya dengan bijak. Istri harus menjadi teman diskusi yang baik, jika tidak seimbang karena minim pemahaman agama, maka suami harus menjadi guru idola bagi pujaan hatinya.

“Seandainya keilmuan istri lebih tinggi, maka jadikan rumah tangga madrasah untuk sama-sama belajar tanpa merendahkan yang lain,” ucap Chairul Azman.

Ketiga, memberikan perlindungan kepada istri dari berabagai ancaman, termasuk ancaman siksa neraka. Artinya, suami wajib menuntunnya supaya terhidar dari perbuatan keji dan mungkar.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

2 KOMENTAR

Komentar ditutup.