Azhari: JCH Aceh Dapat Berkah, Nginap Dekat Masjidil Haram

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh akan memberangkatkan 4.343 jemaah calon haji (JCH) asal Aceh sesuai kelompok terbang (Kloter) yang ditentukan.

“JCH Aceh terbagi dalam 12 kloter,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari, saat konferensi pers di ruang Media Center Haji PPIH Embarkasi Aceh, Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Senin, 22 Mei 2023.

Azhari menyebutkan, Rabu malam, 24 Mei 2023, setelah Isya, JCH Aceh akan dilepaskan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Dr H Faisal Ali Hasyim MSi, yang juga dihadiri Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

“Tahun ini, Aceh mendapatkan berkah. Sebab JCH Aceh ditempatkan dilokasi yang dekat Masjidil Haram, yaitu Hotel Alkiswah Jarwal. Jaraknya 1,9 Km, sehingga jemaah bisa jalan kaki atau naik bus yanh disediakan PPIH Arab Saudi,” ucap Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari.

Persiapan penerimaan jemaah, tegas Azhari, sudah disiapkan alat pendukung, termasuk alat pemeriksa kesehatan. Jemaah yang butuh layanan khusus sudah disiapkan fasilitas.

“Karena JCH Aceh ada yang lansia, berusia 80-100,” ujarnya.

Menurut Azhari, petugas haji mengemban tugas berat untuk melayani lansia. Sebab jemaah lansia tidak didampingi kerabat dekat. Namun petugas sudah jemput bola dan bekerja maksimal memberikan pelayanan.

Kuota haji Aceh tahun 2023 sebanyak 4.378 orang. Namun Kemenag Aceh akan memberangkatkan 4.343 orang, dengan rincian laki-laki 1.729 orang dan perempuan 2.614 orang. Sementara jumlah lansia 1.520 orang. Sisa kuota 34 orang, karena berhalangan berangkat. Terkait jemaah yang tunda keberangkatan, panitia telah meminta pernyataan pada yang bersangkutan bahwa siap tidak berangkat haji tahun ini.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT