Gampong Tambon Tunong Laksanakan Pemilihan Keuchik Sesuai Qanun dan Intruksi Bupati




 

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Masyarakat Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, melaksanakan pemilihan Keuchik/kepala desa periode 2021-2026, Minggu (17/10/2021).

Proses pemilihan Keuchik Gampong Tambon Tunong Kecamatan Dewantara Aceh Utara dilaksanakan mengacu sebagaimana anjuran Pemerintah yang tercantum dalam peraturan Bupati Aceh Utara, nomor 1318 tahun 2021 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus di kabupaten Aceh Utara.

Ketua Panitia Pemilihan Keuchik Gampong Tambon Tunong (P2G) Hadi Iskandar, S.H., M.H., C. IPr., CF.NLP., C.NNLP., CM.NNLP.,CT.NNLP., C.HLC., mengatakan, kepanitiaan sudah bekerja dan mempersiapkan sejak seminggu terakhir, melakukan berbagai persiapan hingga sampai ke hari H yaitu tahap pencoblosan.

”Alhamdulillah hari ini Gampong Tambon Tunong sukses melaksanakan pelaksanaan pemilihan Keuchik periode 2021-2026, walaupun tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat, agenda berjalan dengan lancar dan tertib, semoga bisa menjadi contoh bagi gampong yang ada di ruang lingkup Aceh Utara” ujar Hadi.

Tak hanya itu, seluruh pelaksanaan pemilihan Keuchik Gampong Tambon Tunong sudah sesuai dengan anjuran pemerintah yang tertera dalam peraturan bupati tahun 2021.

“Ada dua calon Keuchik yang maju ke tahap pemilihan, yaitu Asnawi (nomor urut 1), Murdani (nomor urut 2), dan seluruh tahapan pemilihan sudah dilaksanakan dari bulan April walaupun pelaksanaannya dilakukan pada bulan Oktober mengingat level IV dan zona Merah di Kabupaten Aceh Utara kala itu” sambungnya.

Menurut informasi dari Panitia Pemilihan, jumlah pemilih terdaftar yang menerima undangan untuk memberikan suara mencapai 2977 suara, Namun suara rusak/tidak sah berjumlah 19 suara, Kemudian yang hadir 1732 dari 2977 jiwa.

Sementara itu, Murdani, Paslon nomor urut 2 memiliki persentase suara terbanyak dengan perolehan sebanyak 894 suara, Murdani unggul dan hanya selisih 75 suara dari Paslon nomor urut 1 Asnawi yang hanya memperoleh 819 suara.

Partisipasi masyarakat Gampong Tambon Tunong kecamatan Dewantara, untuk memberikan hak suara dalam pesta demokrasi tingkat desa tersebut terlihat sangat tinggi.

Jadwal pemungutan suara ditetapkan oleh panitia dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Masyarakat secara perorangan datang ke meunasah—lokasi pemilihan—menyerahkan undangan ke panitia dan selanjutnya mencoblos setelah selesai, langsung di arahkan untuk kembali pulang agar mengurangi mobilitas masa demi tetap menjaga protokol kesehatan covid 19.

Turut hadir dan menyaksikan proses pemilihan Keuchik Gampong Tambon Tunong oleh Satgas Covid 19 Kabupaten Aceh Utara, Kasatpol PP dan WH Aceh Utara, Camat Dewantara, Kapolsek Dewantara, Danramil Dewantara.

Di akhir acara kontestasi politik tingkat Gampong tersebut kedua belah paslon menandatangani Berita Acara Pemilihan yang juga disaksikan langsung oleh Camat Dewantara, Tuha Peut Gampong dan seluruh KPPS,Saksi. (Red)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT