TPQ HU Lambaro Skep Gelar Pelatihan Kompetensi Guru

 

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Taman Pendidiak Al-Quran Hidayatul Ulum (TPQ HU) Lambaro Skep melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru, di Arabia Hotel, berlangsung sejak 26-27 September 2021, Senin (27/9/2021).

Kadis Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh yang diwakili Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, SH, MH., berterimakasih pada pihak TPQ HU sebagai penyelenggara pelatihan , yang terlaksana hingga sukses.

“Terima kasih pada Pak Usman Umar, telah poskan anggaran demi terlaksana pelatihan peningkatan kapasitas guru TPQ,” ucap Muhammad Syarif.

Sementara itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh selaku pembina TPQ HU, Usman Umar, SE., mengapresiasi pelatihan ini. Harapannya, ke depan tetap dilaksanakan dan lebih baik lagi dengan kegiatan lainnya, seperti Festival Qurani. Ia meminta peserta dapat belajar dengan serius, agar menjadi ustaz dan ustazah berkompeten.

“Lambaro Skep dan Beurawe sebagai salah satu ikon Gampong Syariah Mandiri di Kota Banda Aceh, harus lebih digenjot lagi kegiatannya,” kata Usman Umar.

Direktur TPQ HU, Ustaz Edy Iswandy ZA, S.Sos.I mengatakan pelatihan ustaz dan ustazah merupakan kegiatan rutin untuk meningkatkan potensi pengajar, agar memiliki skil dan mahir saat mendidik.

Kegiatan ini, kata Ustaz Edy, terlaksana atas dukungan penuh Wakil Ketua I DPRK Banda Acek, Usman Umar.

“Terima kasih atas bantuan Bapak Usman Umar, selaku pembina TPQ HU, yang telah menganggarkan dana dalam pelatihan ini,” ucap Ustaz Edy.

Pemateri yang dihadirkan empat trainer, pemateri satu Ustaz Wahyu Rezeki, M.I Kom yang juga Sekretaris Umum BKPRMI Banda Aceh, pemateri dua Ustaz Dr. Muhammad Maryudi, MA, Founder Pasantren DQ- IM, ketiga Ustaz Umar Ismail, SAg, dan keempat Ustaz Husni Suardi, S.Pd yang membawa materi teknik BCM.

Direktur menambahkan, ada 10 kegiatan rutin tahunan yang telah dilaksanakan, seperti pelatihan ustaz dan ustazah, mengikuti Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI), Tarbiyah Ramadhan (pasantren kilat), Tarhib Ramadhan, Hari -hari Besar Islam, maulid dengan aneka perlombaan hingga tingkat kecamatan, bahkan ada Wisata Islami sebagai upaya memberikan edukasi tempat bersejarah dan pendidikan lainnya.

“Alhamdulilla, program Spesial Tilawah dan Tahfidz sudah berjalan dua tahu, sudah ada hasil, di antaranya untuk qari dan untuk hafalan Al-Quran sudah Syahadat Tahfidz I Juz (diawali Juz 30). Semoga dengan dukungan semua pihak, pembina, dan tokoh lainnya bisa kita maksimalkan,” tegas Ustaz Edy, yang juga Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS di KUA Kecamatan Kuta Alam.

Keuchik Lambaro Skep, yang diwakili Sekdes, juga berterima kasih pada Pak Usman Umar, yang telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut Sekdes Anwar Jamil, TPQ HU aktif dalam kegiatan-kegiatan besar, seperti FASI, pengkaderan qari dan hafiz untuk cabang MTQ, termasuk hari hari besar Islam lainnya.

“Terima kasih pada direktur dan panitia yang membawa nama baik Gampong Lambaro Skep, serta mencetak generasi gemilang dalam bingkai syariah,” sebut Sekdes.

Hadir pada acara pembukaan ini perangkat Gampong Lambaro Skep, Tuha Peut, Imum Syiek, Badan Kemakmuran Masjid (BKM), ketua pemuda dan pembina, ketua pemuda dan pembina lainnya. (Red).

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT