SMAN 1 Penanggalan Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Life Skill Siswa

Subulussalam – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Penanggalan mengoptimalkan program dengan melanjutkan program sekolah ekskul yang berbasis life skill untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Kepala SMA Negeri 1 Penanggalan, Syamsul Bahri mengatakan, pada tahun ajaran 2022–2023, pihaknya menambah program keahlian menjahit, mengelas, dan merakit komputer.

“Kami bekerja sama dengan SMK di Kota Subulussalam dalam hal bimbingan life skill. Kemudian mereka dibimbing oleh tentor SMK serta melanjutkan kerja sama bimbingan keahlian tata cara masuk sekolah kedinasan dan TNI-Polri oleh Kodim 0118 Kota Subulussalam,” tutur Syamsul.

Syamsul Bahri menambahkan, keahlian siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penanggalan penting, agar setelah tamat dari sekolah nanti mereka bisa bekerja mandiri dan masuk ke perguruan tinggi sesuai dengan keahliannya.

Adapun Lembaga dan sekolah yang dilakukan kerja sama yaitu Kodim 0118 Kota Subulussalam melalui Danpos Koramil Penanggalan, Peltu JRB Saragih. Ia yang membimbing siswa dalam hal pelatihan tata cara masuk sekolah kedinasan dan TNI-Polri.

“Kemudian SMK Negeri 1 Simpang Kiri membantu dalam hal bimbingan mengelas kecakapan hidup, SMK Negeri 2 Simpang Kiri membantu dalam hal bimbingan keterampilan menjahit serta pembinaan dan penguatan TIK dibimbing oleh lembaga Dubia Digital Service,” ujarnya.

Syamsul menjelaskan bahwa program ekstra kurikuler yang didasarkan pada life skill ini bertujuan untuk mendukung dan menambah keahlian diri bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Penanggalan yang berguna untuk persiapan memasuki sekolah kedinasan dan TNI-Polri.

“Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penanggalan hampir 60 persen berlatar belakang ekonomi menengah ke bawah, sehingga dengan bimbingan ekskul mengelas, menjahit, dan merakit komputer diharapkan mereka dapat bekerja sambil kuliah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari,” harapnya.

Ia melanjutkan, sehingga tidak ada lagi siswa yang takut kuliah karena masalah finansial, karena memiliki penghasilan saat kuliah dan juga didukung upaya kepala sekolah untuk mencarikan beasiswa.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT