Kakanwil Kemenag Aceh Buka Raker Pokjawas Madrasah

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Baru tiba dari menghadiri Rakenas Kementerian Agama Tahun 2023 dan Harlah 1 Abad Nadhlatul Ulama (NU) di Surabaya Jawa Timur, Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg membuka Raker Pokjawas Madrasah Provinsi Aceh, di Seventeen Hotel Banda Aceh, Kamis malam, 9 Februari 2023.

Rapat kerja ini dihadiri Ketua Pokjawas Nasional, Drs Zurni M MPd, Kakankemenag Banda Aceh H Abrar Zym SAg MAg, Kabid Penmad Zulkifli SAg MPd, Ketua Pokjawasmad Aceh, Drs Nopia Dorsain, Para Subkor pada Bidang Penmad Kanwil dan Kasi Penmad Banda Aceh, pesertanya 80 orang berasal dari Pengawas se-Aceh.

Dikatakan Kakanwil, pengawas madrasah dengan tugas dan tanggungjawabnya adalah orang-orang yang spesial.

“Bagi saya, Pengawas Madrasah mempunyai peran yang special, makanya saya pun selalu berusaha hadir di setiap kegiatan yang dilakukan,” kata Iqbal.

Menurutnya, dengan hadirnya pemikiran dan kontribusi nyata para pengawas madrasah, menjadikan bukti kebangkitan mutu pendidikan madrasah.

“Meskipun ada sebagian secara fisik madrasah kita masih kurang bagus, tapi jika manajemen pengelolaan pendidikannya baik, maka madrasah ini akan ternilai baik di semua kalangan,” ucapnya.

Kakanwil juga menyinggung perihal yang dibahas di Rakernas 2023 yang baru saja diikutinya, saat Irjen Kemenag bertanya kepada direktur GTK Madrasah terkait peran pengawas apakah bisa juga berfungsi kepada auditor?. Kata Iqbal.

“Tentu kalau pengawas bisa sekaligus auditor akan memberi efek dan manfaat lebih bagi madrasah,” katanya.

Ia juga berharap pengawas cerdas dan mampu beradaptasi dengan transformasi digital, mengelola informasi-informasi secara sehat dan cermat.

Sementara Ketua Pokjawas Nasional mengapresiasi raker yang digelar Pokjawas Madrasah Provinsi Aceh.

“Malam ini luar biasa, sinergi dengan Kemenag yang baik, akan melahirkan cita-cita bersama untuk kebaikan bagi generasi dan anak-anak kita ke depan, saya kagetnya melihat ucapan karangan papan bunga hadir 23 kab/kota di Aceh, melebihi silaturahmi nasional,” kata Zurni.

Zurni menyebutkan dari seluruh Indonesia, baru ada 2 Kanwil yang hadir di acaranya Pokjawas, yakni Kakanwil Kemenag Aceh dan Kakanwil Sulawesi Selatan, ini luar biasa.

Ia mengatakan pengawas ini bukan Polisinya Kepala madrasah, melainkan Pendampingan dan bimbingan yang harus diberikan yang tepat dan sesuai aturan.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT